DPRD Palu: Pemkot perlu biasakan warga terapkan prokes cegah COVID

id Dprd palu,Mutmainah,Neng nasdem,Fraksi nasdem,Nasdem,Covid

DPRD Palu: Pemkot perlu biasakan warga terapkan prokes cegah COVID

Ketua Komisi I Bidang Kesra dan Pemerintahan DPRD Palu, Mutmainah. (ANTARA/HO-Neng NasDem)

Palu (ANTARA) - Ketua Komisi I Bidang Kesra dan Pemerintahan DPRD Palu, Mutmainah menilai pemerintah kota setempat perlu membiasakan warga untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes) pencegahan virus corona jenis baru (COVID-19) sebagai langkah antisipasi penyebaran virus itu.

"Kebiasaan ini tak boleh disepelekan oleh setiap warga Kota Palu," ucap Mutmainah di Palu, Minggu, merespon melonjaknya kasus COVID-19 di Sulteng.

Berdasarkan data Pemprov Sulteng per tanggal 2 Oktober 2020, angka positif sudah mencapai 157 kasus, sembuh 72 orang serta meninggal dunia sembilan orang.

"Hal ini membuat situasi Kota Palu saat ini masuk kembali sebagai daerah rawan sebaran pendemi COVID-19 di Sulawesi Tengah. Dari jumlah data Pemprov Sulawesi Tengah, Kota Palu-lah yang paling tertinggi," ujar Mutmainah.

Mutmainah berharap generasi mudah turut serta berperan dalam pencegahan COVID-19, utamanya dimulai dari diri sendiri dengan membangun kebiasaan dan disiplin atas penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Dia juga meminta kepada pelaku usaha, warkop, cafe, rumah makan dan restoran untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

"Saya sangat berharap setiap cafe, warkop, rumah makan dan lainnya sudah mulai menaruh tanda silang sebagai larangan tak boleh duduk ditempat tersebut, sehingga setiap orang langsung memposisikan dirinya dimana seharusnya dia duduk," imbuhnya.

Hal itu, menurut dia, sebagai salah satu upaya yang paling memungkinkan untuk mencegah berbagai kemungkinan penyebaran COVID-19.

"Karena dari pengamatan saya di banyak tempat terbuka, hampir banyak tidak memberlakukan hal tersebut. Semoga di masa normal baru Pendemi COVID-19, protokol kesehatan cegah COVID-19 harus benar - benar ditegakan. Karena ini sangat membantu siapa saja agar terhindar virus ini," harapnya.