Muhammadiyah bantu pemulihan infastruktur kesehatan Sigi pascagempa

id MDMC,Muhammadiyah,Unismuh Palu,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,bencana sigi,gempa sigi

Muhammadiyah  bantu pemulihan infastruktur kesehatan Sigi pascagempa

Rektor Unismuh Palu Dr Rajindra menyerahkan secara simbolis bantuan rehab-rekon puskesmas pembantu dan alkes kepada Pjs Bupati Sigi Sisiliandy A Ponulele, di Palu, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) membantu pemulihan infrastruktur dan sarana kesehatan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, setelah dua tahun wilayah itu terdampak gempa dan likuefaksi pada 28 September 2018 silam.

"Muhammadiyah melalui MDCM bekerjasama dengan Direct Relief, melakukan kegiatan sosial membantu pemulihan di Sigi," ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Rajindra, di Palu, Rabu, dalam acara penyerahan rehabilitasi gedung puskesmas pembantu (pustu) dan serah terima alat kesehatan di Kampus Unismuh Palu.

Rajindra yang merupakan penanggungjawab Program MDMC mengatakan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon), MDCM bertugas untuk mengkoordinasikan sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Tidak hanya itu, melalui MDCM juga membantu melakukan rehabilitasi sektor kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kehidupan orang-orang yang dampak.



"Turut serta membantu memobilisasi dan menyediakan sumber daya medis yang diperlukan untuk perawatan," ujar Rajindra.

Pustu yang mendapat bantuan rehabilitasi dan alat kesehatan diantaranya Pustu Desa Bobo, Pustu Desa Rogo, Pustu Kalawara dan Pustu Tanah Harapan.

"Empat pustu ini mengalami kerusakan yang cukup parah saat gempa dan likuefaksi, 28 September 2018. Melalui kegiatan ini diharap dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Sigi," sebutnya.

Berkaitan dengan itu, Pelaksana Jabatan Sementara Bupati Sigi, Sisiliandy A Ponulele berterima kasih kepada MDMC dan Direct Relief yang telah memberikan bantuan kepada Pemda Sigi dalam bentuk rehabilitasi gedung pustu dan pemberian alat kesehatan.

"Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap pelayanan kesehatan, sehingga diharapkan pelayanan di tingkat dusun atau desa semoga dapat meningkat, cepat, tepat dan mudah," kata Sisiliandy.

Dengan bantuan itu diharapkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan tempat tinggal agak berjauhan dengan puskesmas induk, dapat terlayani dengan baik.*


 
Rektor Unismuh Palu Dr Rajindra bersama Pjs Bupati Sigi Sisiliandy A Ponulele menandatangani berita acara penyerahan bantuan rehab-rekon pustu dan alkes, di Palu, Rabu. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar