KPU Parimo pastikan semua logistik pilkada lengkap

id Parimo, parigi moutong, pilkada Sulteng, logistik, surat suara, tps,Abdul chair

KPU Parimo  pastikan semua logistik pilkada lengkap

Logistik pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang telah selesai di keset oleh petugas KPU Kabupaten Parigi Moutong, siap didistribusi ke masing-masing wilayah, Minggu (6/12/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) memastikan semua logistik pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah yang didistribusikan ke 23 kecamatan di kabupaten itu lengkap.
 
"Ada sejumlah kecamatan yang didahulukan distribusi logistik seperti Kecamatan Tinombo, Palasa, Tomini dan Kecamatan Sausu yang memiliki TPS terpencil dan tersulit," kata Komisioner KPU Parigi Moutong Abdul Chair di Parigi, Ahad.
 
Dia menjelaskan, sesuai jadwal dan tahapan distribusi logistik dari gudang KPU ke Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) berlangsung dua hari mulai 6-7 Desember, lalu distribusi dari PPK ke masing-masing TPS sehari sebelum pemungutan suara.
 
Meski begitu, logistik untuk TPS terpencil dan tersulit lebih awal dikirimkan, mengingat jarak tempuh menuju wilayah-wilayah tersebut cukup jauh, ditambah medan yang sulit sehingga membutuhkan waktu cukup panjang.
 
"Salah satu TPS tersulit berada di Dusun Ansibong, Kecamatan Palasa. Menuju ke wilayah itu memakan waktu dua hari perjalanan menggunakan kendaraan roda dua, lalu disambung berjalan kaki," ujar Komisioner Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Parigi Moutong ini.
 
Sesuai jumlah TPS yang sudah ditetapkan penyelenggara untuk Pilkada Sulteng, TPS di Parigi Moutong sebanyak 902 TPS, termasuk 48 TPS di wilayah terpencil dan 37 TPS wilayah tersulit .
 
Dia memaparkan, jumlah surat suara yang diterima KPU setempat sebagai bagian dari logistik pilkada sebanyak 301.704 lembar, kemudian kotak suara sebanyak 902 unit sesuai jumlah TPS dan bilik suara berjumlah 2.706 unit.
 
"Logistik yang didistribusikan sudah termasuk alat tulis, formulir model C6-KWK atau surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih dan alat pelindung diri. Sedangkan buku panduan tentang tugas-tugas KPPS akan menyusul," ucap Chair.
 
Dia menambahkan, pada pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 2020, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Parigi Moutong sebanyak 294.069 pemilih terdiri dari 150.410 pemilih laki-laki dan 143.659 pemilih perempuan tersebar di 23 kecamatan dan 283 desa/kelurahan.
 
Angka ini menurun dibandingkan Pemilu 2019, karena pemilih yang sudah meninggal dunia kurang lebih 11.654 orang, kemudian pindah domisili antarprovinsi dan kabupaten berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tahun 2018-2020 sebanyak 18.111 orang.
 
"Dalam DPT ini tercatat pemilih disabilitas sebanyak 655 pemilih, terdiri dari laki-laki 362 pemilih dan perempuan 293 pemilih," demikian Chair.