PT Telkomsel hadirkan sinyal 4G LTE di Napu Poso.

id Tower

PT Telkomsel hadirkan sinyal 4G LTE di Napu Poso.

Tower Telkomsel yang dibangum i puncak dingin Nokilalaki, Kab Poso.

Poso, Sulteng (ANTARA) - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menghadirkan layanan teknologi jaringan 4G di wilayah lembah Napu yang mencakup Kecamatan Lore Utara, Lore Timur, dan Lore Piore, Kabupaten Poso Sulawesi Tengah.

Manager Network Service Telkomsel Palu, Sukriadi mengatakan sejak November 2020, satu buah tower yang didirikan di puncak Nokilalaki dan di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara.

Jaringan itu dibangun sebanyak tiga Base Transceiver Station (BTS) 4G, yakni 2G/4G di Nokilalaki dan Wuasa, dan 2G di Kecamatan Lore Peore.

Selanjutnya jaringan 4G akan hadir di Kecamatan Lore Peore yang ditargetkan akan On Air sebelum tahun 2021.

Satu BTS 4G untuk kegunaan data, jika digunakan bersamaan dapat digunakan maksimal 225 user, namun diback-up dengan 2G yang bisa digunakan untuk sms dan telpon.

"Pihak Telkomsel kinsistensi pembangunan jaringan ke berbagai daerah ini sudah merupakan semangat Telkomsel dan ke depannya komitmen ini pun akan terus dijaga sehingga lebih banyak lagi masyarakat Indonesia di berbagai lokasi yang dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas," ujar Sukriadi, Senin.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu yang ditemui mengatakan kehadiran Telkomsel 4G di wilayah Napu itu, merupakan hasil koordinasi pihak Pemerintah Daerah Poso dengan pihak Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) serta pihak Telkomsel.

"Ya saya bersyukur daerah Napu telah normal kembali jaringan, yang kini di hadirkan sinyal 4G, dengan itu masyarakat napu bisa lagi menggunakan internet dengan baik," tutur Darmin di ruang kerjanya.

Sebelumnya wilayah Napu ini, telah memiliki jaringan Telkomsel sejak tahun 2017, namun tahun 2018 jaringan tersebut rusak dan tidak berfungsi lagi hingga Oktober 2020.

Bangunan tower ini didirikan berlokasi di luar area Taman Nasional Lore Lindu (TNLL). Sementara untuk mendirikan jaringan 4G dengan kekuatan sinyal yang baik, harus berada di puncak dingin yang masuk dalam area TNLL dan masih wilayah Desa Sedoa Kecamatan Lore Utara. Hal itu agar mudah terkoneksi dengan Telkomsel di Palu.

Sala seorang warga Desa Wuasa, Dedi Nyolo -Nyolo mengatakan berterima kasih ke pihak Pemda Poso dan Telkomsel serta BTNLL yang telah membantu untuk mengaktifkan kembali jaringan internet.