Pemkab Buol bantu petani garap lahan pertanian secara optimal

id pemka buol,bupati buol,petani buol,pertanian buol,amirudin rauf

Pemkab Buol  bantu petani garap lahan pertanian secara optimal

Bupati Buol Amirudin Rauf (kaos merah) panen padi bersama masyarakat Kabupaten Buol. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, terus berupaya membantu memudahkan petani di daerah tersebut menggarap lahan pertanian
secara optimal, untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani.

"Sebagian besar masyarakat berada di sektor pertanian maka pemerintah merancang beberapa program," kata Bupati Buol Amirudin Rauf, dihubungi dari Palu, Sabtu.

Pemkab Buol mengupayakan agar biaya produksi yang ditanggung petani dapat ditekan, dengan cara memberi subsidi pada sarana produkdi berupa bibit, pupuk, alat mesin pertanian serta sarana produksi lainnya.

Pemkab Buol, kata Amirudin Rauf juga mengupayakan terjadinya peningkatan produktivitas dan produkdi terhadap berbagai komoditas pertanian yang dikelola petani, misalnya dengan memperbaiki serta membangun infrastruktur seperti irigasi, jalan kantong produkdi dan sebagainya.

Pemkab Buol, sebut dia, juga berupaya menekan biaya panen dengan memberi bantuan alat panen seperti mesin panen, gilingan padi, mesin pengering dan perontok jagung serta padi, termasuk membuka akses pasar dan menjaga harga komoditas.

"Semua upaya di atas dikemas dalam berbagai program seperti Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan (P3K), Program Gerakan tanam serentak Buol menuju swasembada beras bertajuk Gertak Bos, Tanah untuk rakyat (Taura )," ungkap Amirudin Rauf.

Dari program ini Pemkab Buol menaikkan produksi jagung Buol dari hanya sekitar seribu ton pertahun, hanya dalam beberapa tahun meningkat menjadi 117.000 ton per tahun dan produkdi beras dari empat belas ribu ton menjadi dua puluh dua ribu ton beras per tahun.

"Selain itu kami punya program bertujuan mengakselerasi peningkatan populasi dan kepemilikan ternak sapi bagi masyarakat yang kami beri nama One Man One Cow (satu orang satu sapi)," ujarnya.

Lewat program tersebut, Pemkab Buol dalam tiga tahun terakhir, berhasil meningkatkan populasi sapi di daerah itu dari 14 ribu menjadi 31 ribu.

Hal yang juga memperoleh perhatian pemda adalah meningkatkan pendapatan nelayan.

"Untuk nelayan tangkap dengan bantuan sarana tangkap antara lain kapal nelayan dilengkapi mesin berbagai ukuran, dan ukuran perikananan budidaya dalam bentuk revitalisasi tambak masyarakat sudah kurang lebih 200 hektare," sebutnya.

Pemka Buol juga membagikan alat berat berupa tiga unit eskavator bagi kelompok penambak, bantuan sarana produksi berupa jutaan benur, bibit ikan dari pusat pembibitan pemda, serta pakan serta pupuk .

"Pemda juga memberikan bantuan bagi lima belas kelompok peternak ayam mulai penyiapan kandang dan bibit ayam," katanya.