Yogyakarta -Krakow Polandia jajaki tawaran sister city

id sister city,yogyakarta-krakow,polandia,duta besar

Yogyakarta -Krakow Polandia jajaki tawaran sister city

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat bertemu dengan Dubes Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska di Yogyakarta, Jumat (25/3/22) (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta menjajaki potensi kerja sama sister city dengan Krakow, salah satu kota di Polandia, seperti ditawarkan oleh Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska saat berkunjung ke Yogyakarta, Jumat.

"Saya kira, itu tawaran yang bagus karena dari informasi yang disampaikan ada banyak persamaan antara Yogyakarta dan Krakow," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, berbagai persamaan tersebut di antaranya adalah kota kerajaan, kota pendidikan dan pelajar dengan banyak universitas, bahkan salah satu universitas terbaik dan tertua di Eropa berada di kota tersebut.



Selain di bidang pendidikan, lanjut Heroe, pengembangan pariwisata dan budaya bisa dimasukkan sebagai bagian dari kerja sama sister city apabila nantinya bisa direalisasikan.

"Harapannya, tawaran ini bisa segera ditindaklanjuti karena akan ada banyak hal positif dan saling menguntungkan yang bisa diperoleh kedua kota apabila menjalin kerja sama,” katanya.

Sementara itu, Dubes Polandia untuk Indonesia Stoczynska menyebut pertemuannya dengan Wakil Wali Kota Yogyakarta dilakukan di sela-sela agenda pertemuan G20 di DIY.

"Kerja sama sister city dengan Kota Krakow sangat mungkin dilakukan. Kota tersebut sangat indah karena memiliki banyak bangunan bersejarah seperti halnya di Yogyakarta," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kedua kota juga memiliki persamaan karakter dan memiliki sejarah yang panjang. Seperti Yogyakarta, Kota Krakow juga pernah menjadi ibu kota negara.



Dalam kesempatan tersebut, Stoczynska juga menceritakan kondisi geopolitik di Eropa yang mengalami masa-masa sulit akibat pengaruh perang Rusia-Ukraina, terlebih Polandia terletak tidak jauh dari Ukraina sehingga saat ini ada sekitar 2,2 juta pengungsi yang masuk negara tersebut.

Untuk agenda G20, Duta Besar memberikan dukungan penuh kepada Indonesia dan berharap seluruh agenda dari pertemuan tersebut dapat terlaksana dengan baik.