Sigi siapkan 1.000 hektare lahan pengembangan pangan berkelanjutan

id Kementerian Pertanian,Food Estate,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Pertanian Sigi

Sigi  siapkan 1.000 hektare lahan pengembangan pangan berkelanjutan

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan keterangan kepada wartawan di UPTD Karavatandau, di Desa Sidondo I, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (24/8/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyiapkan lahan seluas 1.000 hektare untuk pengembangan pangan berkelanjutan, dalam rangka menopang pembangunan ketahanan pangan nasional.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Sulteng, Rabu, mengemukakan pengembangan pangan di Kabupaten Sigi harus dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Pusat dan provinsi, seiring dengan kabupaten tersebut menjadi penopang Sulteng sebagai penyangga kebutuhan pangan IKN.

"Kami telah bertemu dengan Menteri Pertanian bapak Syahrul Yasin Limpo membahas hal ini," ucap Irwan.

Pertemuan antara Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berlangsung di ruang kerja Mentan, di Jakarta, 23 Agustus 2022.
 
Pertemuan antara Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berlangsung di ruang kerja Mentan, di Jakarta, Selasa (23/8). (ANTARA/Muhammad Hajiji)


Dalam pertemuan itu, ujar dia, Menteri Pertanian meminta agar disiapkan 1.000 hektare lahan pengembangan pangan berbasis food estate.

Bupati optimis Pemkab Sigi dapat memenuhi permintaan Menteri Pertanian tersebut, hal itu karena Pemkab Sigi telah menyiapkan 5.000 hektare lahan potensial untuk pertanian.

Ia mengakui bahwa pihaknya mulai melakukan pemetaan lanjutan dan menentukan lokasi pengembangan pangan seluas 1.000 hektare, sesuai keinginan Mentan.

"Kami optimis bisa siapkan ini, hari ini kami rapat koordinasi untuk membahas hal ini," ungkapnya.


Dia mengatakan pertemuannya dengan Mentan juga membahas mengenai pembangunan rumah potong hewan modern, pasar hewan modern dan pasar ikan air tawar.

"Termasuk juga mengenai dukungan teknologi budidaya peternakan dan pertanian. Hal ini akan dibantu oleh Kementerian Pertanian, namun terlebih dahulu Sigi harus menyiapkan 1.000 hektare lahan untuk food estate," ujarnya.