Pemkab Sigi-Polres sinergi tingkatkan keamanan Pilkades serentak

id pilkades sigi,pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan,polres sigi

Pemkab Sigi-Polres sinergi tingkatkan keamanan Pilkades serentak

Kapolres Sigi AKBP Reja Simanjuntak (kiri), Bupati Sigi Mohamad Irwan (kanan) pada saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa serentak di 130 desa di Kabupaten Sigi, Minggu (13/11/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Kepolisian Resort (Polres) setempat untuk meningkatkan keamanan pada proses pemilihan kepala desa serentak yang berlangsung 17 November 2022.

Bupati Sigi Mohamad Irwan dihubungi dari Palu, Ahad, menyatakan bahwa pemilihan kepala desa merupakan satu proses demokrasi di tingkat desa, yang dalam teknis pelaksanaannya membutuhkan situasi yang kondusif.

"Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sigi bersinergi dengan Polres untuk meningkatkan kualitas situasi dan kondisi yang kondusif dalam proses pemilihan kepala desa serentak," ucapnya.

Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sigi tahun 2022 akan dilaksanakan di 130 desa yang tersebar do 16 kecamatan.

Pemkab Sigi juga telah membangun 335 temoat pemungutan suara (TPS) di 130 desa tersebut, untuk penyaluran hak pilih warga pada hari pencoblosan, 17 November 2022.

Saat ini, Kata Irwan, proses pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak itu telah memasuki tahapan kampanye dan debat visi misi oleh calon kepala desa di 130 desa.

Irwan menambah Pemerintah Kabupaten Sigi bersama Polres Sigi telah melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan jalannya pemilihan kepala desa serentak di 130 desa tersebut.

Sementara itu, Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak menyatakan apel gelar pasukan sebagai wujud kesiapan personel Polres Sigi beserta stakeholder terkait dalam mengawal Pilkades serentak tahun 2022.

Menurut Reja, Pilkades memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena dilaksanakan secara serentak yang akan berdampak pada peningkatan intensitas kegiatan politik di tingkat desa, serta dapat menimbulkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

"Oleh karena itu, kami berharap kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan rangkaian pilkades, agar menjaga netralitas, dan juga bertugas di lapangan agar mempedomani ketentuan undang-undang  yang berlaku serta petunjuk dan arahan dari pimpinan," ujarnya.

Kapolres juga mengimbau kepada personel gabungan yang terdiri dari anggota kepolisian dan Satpol-PP Sigi agar dalam penugasan pengamanan pilkades serentak selalu berperilaku baik, berkepribadian santun dan tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sigi yang akan menyalurkan hak pilihnya.

Rijal mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sigi untuk mendukung dan berpartisipasi dalam melaksanakan Pilkades 2022, dan menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman, damai, dan tentram.