PT Pos tempuh tiga strategi salurkan BLT BBM-sembako ke KPM di Sulteng

id blt bbm,bansos sembako,pt pos indonesia,penyaluran blt bbm,subhan,pos palu

PT Pos  tempuh tiga strategi salurkan BLT BBM-sembako ke KPM di Sulteng

EGM PT Pos Indonesia KCU Palu, Subhan, di Palu, Kamis (17/11/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - PT Pos Indonesia Cabang Palu menempuh tiga strategi untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan bantuan sosial sembako tahap kedua kepada warga di Sulawesi Tengah yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat (KPM).

"Pada prinsipnya kami sudah siap untuk menyalurkan BLT BBM dan bansos sembako ke KPM di Sulteng," kata Executive General Manager PT Pos Indonesia KCU Palu Subhan di Palu, Kamis, terkait dengan persiapan penyaluran BLT BBM dan bansos sembako.

PT Pos Indonesia KCU Palu menerapkan tiga strategi penyaluran, yaitu dilakukan di Kantor Pos di semua tingkatan mulai dari kecamatan hingga kabupaten, dengan metode dari rumah ke rumah bagi KPM kategori lansia, disabilitas, dan sakit parah, serta berbasis komunitas atau masyarakat di wilayah-wilayah terpencil dan terjauh.

"Untuk penyaluran berbasis komunitas, diperuntukkan bagi warga yang jauh dari Kantor Pos, maka kami akan menemui warga KPM dengan bekerja sama pemerintah desa setempat," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya intensif berkoordinasi atau berkomunikasi dengan pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, bahkan kelurahan dan desa.

Ia mengharapkan pemerintah di tingkat desa/kelurahan dan kecamatan turut menyampaikan kepada KPM untuk datang ke Kantor Pos untuk menerima bantuan sosial BLT BBM dan sembako, jika jadwal penyaluran telah disampaikan oleh PT Pos.

Subhan juga mengakui bahwa saat ini sedang dilakukan perampungan data KPM BLT BBM dan Sembako, yang dalam waktu dekat akan segera disalurkan ke KPM.

"Untuk tahap ini kami belum menerima data pasti dari pemerintah, karena data sedang disiapkan. Kami akan segera menyampaikan jika data sudah siap, dan kemungkinan jumlah KPM tahap dua tidak berbeda jauh dengan jumlah KPM tahap pertama," ujarnya.

Berdasarkan data PT Pos Indonesia KCU Palu sasaran penerima BLT BBM dan bansos sembako sebanyak 209.888 KPM di Sulteng untuk tahap pertama. Setiap warga yang tercatat sebagai penerima KPM, menerima bantuan pengamanan sosial senilai Rp500 ribu terdiri atas BLT BBM senilai Rp300 ribu, ditambah dengan bansos sembako senilai Rp200 ribu.