Gubernur Sulteng minta bupati dan wali kota dukung FKUB bina kerukunan

id Rusdy Mastura,Fkub,Gubernur sulteng,Pemprov sulteng,Fkub sulteng,Kerukunan Sulteng

Gubernur Sulteng minta bupati dan wali kota  dukung FKUB bina kerukunan

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kiri) disambut oleh Ketua Panitia Rakernas FKUB se-Indonesia Munif Godal (kanan), di Palu, Kamis (1/12/2022) malam. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta bupati dan wali kota di daerah tersebut mendukung seluruh program Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dalam membina dan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama.

"Saya minta kepada bupati dan wali kota agar mendukung dan memperhatikan FKUB di masing-masing wilayahnya," ucap dia di Palu, Jumat, terkait dengan pembinaan dan peningkatan kerukunan umat beragama.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Sulteng bersinergi dengan DPRD Sulteng memberikan dukungan kepada FKUB provinsi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan kerukunan.

"Insyaallah kami tetap memberikan dukungan penuh kepada FKUB dalam membina kerukunan," ujarnya.

Pembinaan dan peningkatan kualitas kerukunan merupakan salah satu urusan pemerintah, yang dalam teknis pelaksanaannya dibantu oleh FKUB.

Hal ini sesuai Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadah.

Cudy sapaan akrab Rusdy Mastura itu, menyatakan kerukunan umat beragama harus terus ditingkatkan, dalam kehidupan sosial keagamaan, demi menciptakan situasi damai dan harmonis.

"Kerukunan antar-umat beragama tidak muncul secara tiba-tiba. Kerukunan merupakan hasil dari kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme golongan akan membawa kehancuran," kata dia.

Ia menambahkan FKUB sebagai miniatur kebinekaan Indonesia harus merangkul semua golongan.

"FKUB hendaknya menjadi tenda bangsa yang mengayomi semua umat beragama," katanya.
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan sambutan pada Rakernas FKUB se-Indonesia, di Palu, Kamis malam (1/12/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)