Kemenag Sulteng: Seorang jamaah haji wafat usai selesaikan rangkaian ibadah

id Kemenag Sulteng ,Haji 2023,Info Haji meninggal ,Sulawesi Tengah

Kemenag Sulteng: Seorang jamaah haji wafat usai selesaikan rangkaian ibadah

Jamaah haji melakukan tawaf ifadah mengelilingi Ka'bah di Masjidilharam Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Palu (ANTARA) -
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah menyampaikan seorang haji berasal dari provinsi itu wafat setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.
 
"Beliau meninggal dunia pada Sabtu tanggal 1 Juli, usai menjalani seluruh rangkaian ibadah haji," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulteng Muchlis di Palu, Senin.
 
Ia mengatakan seorang haji tersebut bernama Abdul Kadir Morana yang merupakan anggota Kelompok Terbang (Kloter) 14 Embarkasi Balikpapan, berasal dari Kabupaten Toli-toli, tepatnya di Kelurahan Panasakan, Kecamatan Baolan.

Ia menuturkan Abdul dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekkah, Minggu (1/7), pukul 19.30 waktu Arab Saudi.
 
aa menjelaskan pria berusia 68 tahun itu diduga mengalami kelelahan setelah menjalankan rangkaian ibadah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina (Armuzna).
 
"Setelah kembali dari Mina, kemungkinan kelelahan setelah menjalankan rangkaian ibadah di Armuzna," katanya.
 
Dengan bertambah seorang haji wafat tersebut, secara keseluruhan tiga orang haji berasal dari Sulteng meninggal dunia.

Sebelumnya, dua calon haji asal Kabupaten Buol meninggal dunia pada Senin (26/6). Mereka berasal dari Kloter 11 Embarkasi Balikpapan jalur haji reguler dan seorang lainnya jalur haji khusus. Jenazah mereka dimakamkan di Mekkah, Arab Saudi.
 
Ia mengatakan pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan Mina berjalan dengan lancar.