KOI apresiasi misi bersepeda ke Paris jelang Olimpiade 2024

id Koi,Royke Lumowa,Olimpiade 2024 paris,olimpiade paris

KOI apresiasi misi bersepeda ke Paris jelang Olimpiade 2024

Misi bersepeda dari Jakarta-Paris yang dilakukan Jenderal Purn. Royke Lumowa untuk mendukung Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. (ANTARA/HO/KOI)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) mengapresiasi dan mendukung misi bersepeda Jenderal Purn. Royke Lumowa dari Jakarta-Paris yang dilakukan untuk mendukung Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris.

Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resmi, Rabu, mengatakan langsung berkoordinasi dengan NOC Prancis untuk menyiapkan welcome receiption atau penyambutan bagi Royke saat tiba di Paris.

Koordinasi dilakukan dengan Presiden NOC Prancis David Lappartient yang juga menjabat sebagai Presiden Union Cycliste Internationale (UCI). Okto yang menjabat sebagai Senior Vice President Asia Cycling Confederation (ACC) bertemu dengannya dalam acara UCI Presidential Event dan UCI World Championship di Glasgow, Skotlandia.

“Saya sebagai Senior Presiden ACC dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia mendorong komunitas sepeda Asia untuk memberikan dukungan terhadap misi besar Jenderal Royke. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Presiden Lappartient dan responsnya sangat positif karena Jenderal Royke membawa misi Olimpiade untuk bersepeda dari Jakarta menuju Paris,” kata Okto.

Lebih lanjut, Okto mengatakan ia, Lappartient, dan Royke juga sudah berbicara melalui conference call dan Lappartient juga memberikan dukungan serta menyemangati Royke dalam menjalankan misi perjalanannya.
 

Royke memulai perjalanan menuju paris pada 8 Juni dengan start dari Monumen Nasional. Ia bakal melintasi 47 negara dengan jarak tempuh 50.000 kilometer dalam waktu 481 hari atau 1 tahun 3 bulan.

Dalam perjalanan bertajuk “Cycling Anyware to Save the Earth”, Royke membawa lima misi utama, yaitu persahabatan antarnegara dalam rangka perdamaian dunia. Kedua, mengajak masyarakat meningkatkan aksi penyelamatan bumi melalui pelestarian lingkungan dan mempropagandakan sepeda sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.

Selain itu, Royke juga ingin mempromosikan Indonesia sebagai tujuan wisata dunia serta menyampaikan kepada dunia dukungan nyata untuk Tim Indonesia di Olimpiade Paris dan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Royke yang saat ini sudah tiba di Bangkok, Thailand, bangga atas respons positif dari Presiden NOC Prancis dan Presiden UCI. Ia berharap api semangat yang dibawa dari Tanah Air dapat tersalurkan dengan sempurna ketika dirinya tiba di Paris, tahun depan.

“Saya sudah berada di Thailand, masih sehat dan semangat melanjutkan misi gowes menuju Paris. Terima kasih kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia Okto dan Presiden NOC Prancis David Lappartient yang akan menerima saya di garis finis di Paris nanti,” ujar Royke.