Pemkab Sigi harap Bank Sulteng bantu akses permodalan usaha warga

id bupati sigi,pemkab sigi,mohamad irwan,bank sulteng kulawi,bpd sulteng kulawi

Pemkab Sigi harap Bank Sulteng bantu akses permodalan usaha warga

Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan jajaran pimpinan PT BPD Sulteng foto bersama sambil memperlihatkan berita acara yang ditandatangani dua pihak tersebut. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulteng membantu penyediaan akses permodalan bagi masyarakat khususnya warga di wilayah Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Lindu dan Pipikor, untuk warga di daerah itu mengembangkan usahanya.

"Semoga kehadiran Kantor KAS BPD Sulteng Area Kulawi, dapat membantu memudahkan akses permodalan usaha warga di Sigi," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Minggu.

Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama jajaran pimpinan PT BPD Sulteng meresmikan Kantor KAS BPD Sulteng area Kecamatan Kulawi di Desa Bolapapu.

Pembukaan Kantor BPD Sulteng di wilayah Kulawi Raya, menjadi satu komitmen bank daerah tersebut untuk memberikan layanan perbankan dan permodalan kepada masyarakat di wilayah pedesaan.

Dia mengemukakan bahwa wilayah Kecamatan Kulawi, Pipikoro, Kulawi Selatan dan Lindu, merupakan wilayah potensial sumber daya alam pada sektor pertanian, perkebunan, hasil hutan bukan kayu, UMKM, perikanan dan peternakan.

Oleh karena itu, ujar dia, sebagian besar masyarakat di wilayah kecamatan tersebut bergantung hidup pada sektor - sektor tersebut.

"Dengan demikian, sangat dibutuhkan dukungan BPD Sulteng untuk memberikan kemudahan layanan dan akses permodalan untuk mendongkrak pengembangan usaha warga di sektor tersebut," katanya.

Menurut dia bahwa, BPD Sulteng sebagai bank milik daerah, harus menopang visi dan misi pemerintah daerah, dengan memberikan layanan perbankan yang inklusif.

"Agar semua komponen masyarakat yang terdiri dari petani, peternak dapat mengakses serta merasakan dampak positif dari kehadiran BPD Sulteng tersebut," katanya.

Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta memfasilitasi kegiatan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di daerah tersebut.

"Dengan adanya kantor kas ini, diharapkan masyarakat di Kulawi dan sekitarnya dapat dengan mudah mengakses layanan keuangan yang aman, terpercaya, dan terjangkau," ujarnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Bank Sulteng atas investasi dan komitmen mereka dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Sigi. 

"Dengan membuka kantor kas di Desa Bolapapu, semoga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan sektor keuangan dan perekonomian di Kabupaten Sigi," sebutnya.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan pimpinan PT BPD Sulteng menandatangani berita acara pembukaan Kantor KAS PT BPD Sulteng area Kulawi. (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Sigi)