OIKN inisiasi kerja dari IKN buat Aparat Sipil Negara

id oikn,work from ikn,asn,suasana kerja,ikn

OIKN inisiasi kerja dari IKN buat Aparat Sipil Negara

Sejumlah ASN mengikuti kegiatan Work from IKN untuk merasakan suasana bekerja di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. ANTARA/HO - OIKN

Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menginisiasi Work from IKN kepada 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas untuk merasakan suasana bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kegiatan ini diinisiasi untuk memberikan gambaran kepada para ASN yang akan pindah ke IKN terkait suasana dan progres pembangunan dengan merasakan dan melihatnya secara langsung," ujar Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe di Jakarta, Kamis.

Dhony menambahkan dalam membangun sebuah kota tidak hanya bangunan fisiknya saja yang dibangun, melainkan juga ekosistem dan kebahagiaan penghuninya, terutama ASN sebagai masyarakat yang akan pindah pertama kali ke Nusantara.

“Kita ingin menunjukkan kalau Nusantara merupakan kota yang menyenangkan untuk ditinggali karena sudah ada ekosistem yang dibangun. Sehingga ketika (ASN) pindah nanti, mereka tidak perlu khawatir, terutama terkait layanan dasar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerja Sama Otorita IKN IGA Krisna Murti RS menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran ASN terkait progres pembangunan Nusantara beserta berbagai fasilitas yang tersedia.

“Walaupun sekarang fasilitasnya masih seadanya, tapi kami mencoba untuk menumbuhkan kesadaran bagi para ASN bahwa ini (IKN) nyata, bukan mimpi lagi. Bagaimanapun juga perpindahan ASN itu akan terjadi tapi setidaknya saat ini mereka sudah merasakan atmosfer bekerja di Nusantara,” ujar Krisna.

Sebanyak 22 ASN dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Bappenas berkesempatan untuk merasakan suasana bekerja di IKN Nusantara melalui kegiatan Work from IKN yang dilaksanakan pada 22 sampai dengan 24 November 2023 di kawasan Nusantara.

Dalam kesempatan ini, selain merasakan atmosfer bekerja di Nusantara, para peserta juga berkesempatan untuk bermalam di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Otorita IKN agar lebih banyak lagi ASN dari berbagai K/L yang bisa merasakan atmosfer bekerja di Nusantara sekaligus menyaksikan langsung progres pembangunannya.

Devi, salah satu peserta Work from IKN dari Kemenkeu mengatakan bahwa partisipasinya dalam kegiatan ini merupakan pengalaman baru baginya.

“Waktu masuk tadi aku liat udah ada plang-plang untuk bangunan tiap kementerian dan lembaga lainnya. Ternyata sudah tertata untuk pembangunannya,” katanya.

Sedangkan peserta lainnya dari Bappenas yakni Galih juga merasa senang dengan pengalaman barunya ini. Meskipun dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke Nusantara, namun baru kali ini ia bisa merasakan atmosfer bekerja sebagaimana ia biasanya bekerja di Jakarta.

“Ini pengalaman baru yang akan menjadi hal terpenting dalam persiapan perpindahan ke sini (Nusantara). Sekalian adaptasi juga untuk menyiapkan diri sendiri,” kata Galih.