Polres-Banggai pantau arus balik Lebaran pastikan keamanan pemudik

id Polres Banggai ,Polda Sulteng ,Pantau arus balik,Sulawesi Tengah ,Lebaran Idul Fitri

Polres-Banggai pantau arus balik Lebaran pastikan keamanan pemudik

Satlantas Polres Banggai mengatur arus lalu lintas bagi para pemudik untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Banggai, Sulteng, Senin (15/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Banggai)

Banggai (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banggai, Sulawesi Tengah, memantau arus balik Lebaran 2024 di wilayah itu dengan melakukan pengaturan lalu lintas pagi dan sore guna memastikan keamanan dan keselamatan pemudik.
 
Kasatlantas Polres Banggai AKP I Made Bagus Aditya di Banggai, Senin, mengatakan bahwa pengaturan itu demi terciptanya arus lalu lintas yang kondusif sekaligus mencegah gangguan kamtibmas di jalan raya serta memantau arus balik Lebaran.
 
AKP I Made Bagus menegaskan bahwa pengaturan lalu lintas sebagai salah satu bentuk pelayanan prima kepolisian dalam pencegahan terjadinya kemacetan. Selain itu, juga meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Dikatakan bahwa puncak arus balik di wilayah itu terjadi pada tanggal 14 dan 15 April 2024 sehingga perlu dilakukan guna pastikan keamanan dan keselamatan pemudik.
 
Personel patroli melaksanakan pengaturan di beberapa titik rawan kemacetan, baik yang berada di jalan utama maupun di tempat keramaian atau persimpangan jalan.
 
Pengaturan ini, kata dia, menjadi kewajiban setiap harinya, terutama saat akhir pekan, liburan Lebaran, atau arus mudik/balik karena jumlah kendaraan akan meningkat sehingga rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
 
Selain pengaturan lalu lintas, personel bertugas juga tetap memberikan edukasi dan imbauan keselamatan dan undang-undang dalam berlalu lintas.
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya memberikan imbauan untuk melengkapi surat-surat kendaraan serta alat keselamatan diri seperti wajib memakai helm saat menggunakan kendaraan bermotor serta memastikan kondisi dalam keadaan sehat saat melakukan perjalanan.
 
Dengan upaya ini, dia berharap dapat meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama Operasi Ketupat Tinombala 2024.