Bantuan alsintan untuk petani tambah areal tanam padi

id BSIP SULTENG ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Padi Gogo

Bantuan alsintan untuk petani tambah areal tanam padi

Kepala BSIP Sulteng Femmi Nor Fahmi memimpin rapat koordinasi terkait pelaporan data harian PAT padi STH dan padi gogo di Sulawesi Tengah. (ANTARA/HO - BSIP SULTENG)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sulawesi Tengah menyebutkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk petani di wilayah itu dapat menambah areal tanam padi sawah tadah hujan dan padi gogo.
 


"Alsintan yang diberikan berupa mesin pompa air, handsprayer, transplanter, traktor yang dialokasikan Kementan untuk Sulteng, saat ini sebagian sudah dalam pengiriman," kata Kepala BSIP Sulteng Femmi Nor Fahmi di Sigi, Jumat.

 

Dia mengemukakan alat dan mesin pertanian itu menambah produksi petani khususnya tanaman padi gogo dan sawah tadah hujan.

 

"Harapannya bantuan alsintan itu segera digunakan untuk penambahan areal tanam padi sawah tadah hujan dan padi gogo di Sulawesi Tengah," ucapnya.

 

Menurut dia, bantuan alsintan untuk meningkatkan penambahan areal tanam pada lahan sawah tadah hujan dan padi gogo sudah dalam pengiriman.

 

"Laporan saat ini ada perubahan potensi lahan STH Sulteng dari 10.242 hektare menjadi 8.574,5 hektare serta potensi padi gogo dari 52.574 hektare menjadi 17.177,8 hektare," ujar dia.

 

Dia meminta pemerintah daerah baik di kabupaten maupun provinsi melakukan pelaporan data harian penambahan areal tanam di wilayah itu.

 

"Pelaporan data harian tambahan areal tanam padi sawah tadah h hiujan dan padi gogo harus seragam antara Kementan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah dan TNI," tuturnya.