Wapres: Pemerintah berkomitmen akselerasi ekosistem kendaraan listrik

id WAPRES, MA'RUF AMIN, KENDARAAN LISTRIK, GIIAS 2024, GAIKINDO

Wapres: Pemerintah berkomitmen akselerasi ekosistem kendaraan listrik

Wapres Ma'ruf Amin memberi sambutan pada pembukaan pameran industri kendaraan bermotor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretaris Wapres

Kabupaten Tangerang, Banten (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut pemerintah berkomitmen untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik melalui pembangunan manufaktur baterai bagi kendaraan listrik.

"Pemerintah terus melakukan penguatan regulasi dan pemberian insentif demi menumbuhkan industri otomotif dalam negeri, hingga mengakselerasi pengembangan ekosistem industri kendaraan listrik melalui pembangunan manufaktur baterai bagi kendaraan listrik," ujar Wapres dalam sambutannya pada pembukaan pameran industri kendaraan bermotor Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Wapres menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan industri otomotif nasional yang mandiri, tangguh, dan berkelanjutan, salah satunya melalui akselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik tersebut.

"Indonesia juga telah memantapkan diri menjadi ekspor hub kendaraan bermotor, baik kendaraan berbahan bakar minyak maupun kendaraan listrik pada tahun 2030," kata Wapres.

Oleh karena itu, Wapres juga mengharapkan kepada pelaku industri otomotif yang hadir di GIIAS untuk memperluas kerja sama dan kolaborasi antarpelaku usaha dalam penelitian dan pengembangan ekosistem kendaraan berbahan bakar energi terbarukan.

"Langkah ini penting demi mengakselerasi penurunan emisi karbon dan berperan signifikan dalam mendukung transformasi ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan," kata Wapres.


Wapres juga meminta kepada pelaku industri otomotif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM), agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar internasional.

"Hal ini penting mengingat industri manufaktur otomotif berpotensi besar dalam penciptaan jutaan lapangan kerja baru," ujarnya pula.

Selanjutnya, terus pacu inovasi dengan mempelajari, mengamati prospek perkembangan inovasi, dan memodifikasi dengan tetap mempertimbangkan kapasitas dan kemampuan konten lokal di Indonesia.

"Adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi yang cepat niscaya akan meningkatkan daya saing, sehingga produk otomotif Indonesia dapat lebih kompetitif di pasar global yang semakin dinamis," ujar Wapres.

Wapres juga meminta agar kapasitas produksi dan tingkatkan ekspor industri otomotif nasional dioptimalkan.

"Dorong efisiensi produksi dan optimalkan pemakaian komponen lokal dengan memperluas keterlibatan pelaku industri kecil dan menengah. Jadikan ajang (GIIAS) ini sebagai katalis dalam meningkatkan kemitraan industri besar dengan industri kecil dan menengah, sehingga dapat meningkatkan kapasitas ekspor nasional," ujar Wapres.