KPU Sigi: RSUD Undata lokasi pemeriksaan kesehatan paslon Pilkada

id KPU Sigi ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pilkada ,Rumah Sakit Undata

KPU Sigi: RSUD Undata lokasi pemeriksaan kesehatan paslon Pilkada

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman dan perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah Undata usai menandatangani perjanjian kerjasama untuk pemeriksaan kesehatan calon bupati dan wabup Sigi pada Pilkada serentak tahun 2024, di Palu, pekan lalu. ANTARA/HO-KPU Sigi

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata menjadi lokasi pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi pada Pilkada serentak 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman di Dolo, Selasa, mengatakan penunjukan RSUD Undata tersebut berdasarkan rekomendasi dari dinas kesehatan setempat disebabkan Rumah Sakit Tora Belo di Sigi tidak memenuhi syarat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bakal paslon.

"Rumah Sakit Umum Daerah Undata dipilih untuk menjadi tempat pemeriksaan kesehatan untuk seluruh pasangan calon, baik pemeriksaan jasmani, rohani dan tes pemeriksaan narkoba," kata Soleman.

Ia menuturkan pemeriksaan kesehatan itu merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 tahun 2024 tentang perubahan atas PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang pencalonan pilkada

"Jadi proses pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi dimulai tanggal 27 Agustus sampai 2 September mendatang," ucapnya.

Pengantar untuk pemeriksaan kesehatan itu dikeluarkan KPU Sigi, kata dia, setelah bakal paslon dinyatakan berkas dan seluruh dokumen pendaftarannya sebagai calon kepala daerah diterima KPU setempat.

Dia menjelaskan Rumah Sakit Tora Belo di Sigi tidak dipilih sebagai tempat pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah karena sarana dan prasarana serta tidak adanya beberapa dokter ahli yang dibutuhkan saat proses pemeriksaan calon bupati dan wakil bupati.

"Pada intinya di RS Tora Belo punya sarana prasarana tidak lengkap makanya dipilih Undata sebagai tempat pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah," ujarnya.

Dia juga mengatakan KPU Sigi sudah menerima pendaftaran bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi, yang pada hari pertama Selasa (27/7) dilakukan pasangan Nirwansyah Parampasi-Hesty Yulita.

Selanjutnya, pada pada hari kedua Rabu (28/8) sudah dijadwalkan bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi Moh Rizal Injtenae-Samuel Yansen Pong, serta pada hari terakhir Kamis (29/8) dijadwalkan ada dua bakal paslon mendaftar, yaitu pasangan Agus Lamakarate-Samuel Riga dan pasangan Husen Habibu-Ajub Willem Darawia,

Sementara bakal pasangan calon Torki Ibrahim Tura-Eben belum memberitahukan kepada KPU Sigi jadwal kedatangan untuk melakukan pendaftaran ke KPUS setempat.