Letusan Gunung Lokon Sebabkan Listrik Padam

id letusan, gunung ,lokon

Tomohon - Letusan Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara yang terjadi pada pukul 14.05 WITA sempat memadamkan aliran listrik di Kelurahan Kinilow I dan Kinilow, di Kecamatan Tomohon Utara.

Menurut informasi yang diungkapkan warga, beberapa saat setelah terjadi letusan yang diiringi dengan guyuran hujan, listrik langsung padam dan terlihat ada percikan api di salah satu tiang listrik.

"Kami tidak tahu persis apakah percikan seperti bunga api di tiang listrik karena terbakarnya gardu. Namun kami mendengar ada dua gardu yang terbakar yang menyebabkan aliran listrik langsung padam," kata Junike K, warga Kelurahan Kinilow I, di Tomohon, Minggu.

Ditambahkan warga lainnya, tak lama setelah letusan sejumlah, personil PLN Ranting Tomohon langsung berada di lokasi untuk memperbaiki jaringan listrik yang terbakar.

Kendaraan yang lalu lalang di ruas Tomohon-Manado di titik Kinilow sempat berhenti beberapa saat, dan nanti setelah percikan mereda, arus lalu lintas kembali normal meski dalam guyuran hujan debu dan lumpur.

Sementara itu, General Manager PT PLN Wilayah Suluttenggo, Januwarsono yang dikonfirmasi mengatakan, sejumlah personil sementara melakukan perbaikan jaringan yang sempat mengalami kerusakan.

"Secepatnya tim akan melakukan perbaikan sehingga dapat membantu warga melakukan aktivitas pascaletusan," kata dia.

Listrik yang padam sekitar pukul 15.00 WITA nanti menyala kira-kira pukul 19.45 WITA.(pso-305)