Kiat aman dan nyaman gunakan komputer tanpa undang risiko

id komputer

Ilustrasi (antaranews)

Jakarta (Antarasulteng.com) -  Sebagian Anda bahkan tak bisa melepaskan diri dari layar komputer, entah karena tuntutan pekerjaan atau lainnya. Bila begitu, usahakanlah senyaman dan seaman mungkin agar tak beresiko buruk pada kesehatan mata dan anggota tubuh lainnya.  

Spesialis mata dari Persatuan Dokter Mata Indonesia dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K) membagikan resepnya: 

Gitalisa menganjurkan Anda untuk melepaskan mata sejenak dari layar selama 20 menit. Bukan tanpa alasan. Upaya ini menurut Gita, demi menghindari mata menjadi lelah dan kering, hingga menganggu penglihatan. 

"Dianjurkan berhenti sebentar, 20 menit. Berhenti melihat dekat. Lihatlah yang hijau-hijau atau mengobrolah dengan rekan. Atau paling tidak menutup matalah sesaat dari layar," kata dia. 

Terlalu lama memandang layar bisa memunculkan berbagai masalah salah satunya mata lelah. Gangguan ini ditandai dengan sejumlah gejala antara lain sakit kepala, mata berair, penglihatan buram atau malah ganda, serta merasa pegal di sekitar alis pelipis, dahi dan leher. 

Tempatkan sumber cahaya jauh dari layar komputer dan usahakan memberi filter anti-silau pada layar komputer.

Posisikan monitor komputer hingga mencapai posisi yang baik. Jarak layar disarankan 10-20 derajat di bawah garis pandang mata. 

Postur tubuh yang baik untuk menghindari nyeri otot leher, punggung, bahu dan kepala
Duduklah dengan punggung tegak dan pastikan tulang punggung dan tulang ekor mendapat sandaran yang baik. Atur posisi kursi hingga sejajar dengan layar komputer, serta lutut sejajar dengan posisi pinggul. Selain itu, sandarkan pergelangan tangan di atas meja.

Kala mata terasa iritasi, gunakan obat tetes mata bila perlu. Bila mata terasa iritasi, kemungkinan terdapat mata kering. Anda bisa melakukan lubrikasi mata dengan obat tetes air mata. (skd)
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar