Kampung durian Kuku digenjot jadi lokasi agrowisata

id Poso,kuku,durian

Kampung durian Kuku digenjot jadi lokasi agrowisata

Dandim Poso dan Bupati Poso bersama sejumlah pejabat menanam durian di Desa Kuku, Selasa (26/9) (Antarasulteng.com/Feri)

Poso (Antaranews Sulteng ) - Dinas Pertanian Kabupaten Poso terus menggenjot Kampung Durian di Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara, untuk menjadi salah satu lokasi agrowisata. 

"Kami akan memberikan beberapa bantuan pendukung ke Desa Kuku sebagai Kampung Durian, untuk diprogramkan menjadi salasatu lokasi agrowisata di Poso," tutur Kepala Dinas Pertanian Poso Herningsi Tampai, Rabu.

Ia mengatakan bahwa beberapa bantuan pendukung sebelumnya telah diberikan seperti ribuan bibit durian dan tahun ini diprogramkan lagi pembukaan jalan tani menuju lahan durian yang dicanangkan dinas pertanian.

Baca juga: Desa Kuku jadi 'Kampung Durian' di Poso

Ada juga bantuan sebanyak 5.000 bibit durian lokal dan akan membeli sebagainya lahan masyarakat untuk dijadikan lahan budidaya durian, selain itu sepanjang tepi badan jalan kampung durian ini akan ditanami durian lokal. 

Saat ini di Balai Desa Kuku, masyarakat dilatih teknik sambung pucuk durian.

Alasan Desa Kuku menjadi Kampung Durian, menurut Herningsi, karena memiliki jenis durian lokal endemik dan rasanya sangat enak, seperti jenis boba (tidak berduri), dan jenis durian nona yang isinya tidak memiliki ruang bijih durian.

Masih banyak lagi jenis lokal yang memiliki rasa yang enak dengan bentuk bulat kecil dan isinya kental, tebal dan biji sangat tipis.

"Durian lokal di Desa Kuku sangat enak dan tidak dimiliki di daerah lain," tutur Herningsi. 
 
Seorang pedagang buah durian melayani pembeli di Palu, Minggu (25/3).  ANTARASulteng/Mohamad Hamzah.