Sambut HUT Bhayangkara, Polda Sulteng cuci Pataka Wira Dharma Brata

id Polda,pataka

Sambut HUT Bhayangkara, Polda Sulteng cuci Pataka Wira Dharma Brata

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ermi Widyatno menerima laporan kenaikan pangkat pada apel di Mapolda Sulteng di Palu, Senin (2/7) (Antaranews Sulteng/Humas Polda Sulteng) (Antaranews Sulteng/Humas Polda Sulteng/)

Palu (Antaranews Sulteng) - Menyambut HUT ke-72 Bhayangkara, Polda Sulawesi Tengah melaksanakan upacara tradisi pencucian pataka yang dipimpin Kapolda Brigjen Polisi Ermi Widyatno di Mapolda Sulteng di Palu, Senin.

Upacara yang dilaksnakan setahun sekali itu bertujuan untuk menyucikan nilai-nilai luhur dan juga sebagai semangat insan Bhayangkara Polda Sulteng dalam melaksanakan tugas pokok secara professional, modern dan terpercaya.

Polda Sulteng terbentuk berdasarkan Keputusan Panglima ABRI Nomor: Kep.06.V/1994 yang dikuatkan dengan Skep Kapolri Nopol: Skep/01/II/1995 Tanggal 28 Februari 1995.

Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Banurusman, pada 29 Maret 1995 sekaligus peresmian lambang Polda Sulteng, yaitu Pataka Polda Sulteng dengan nama Wira Dharma Brata.

Nama ini bermakna sosok kesatria Polri yang memiliki keterampilan, ketangkasan dan kecerdasan dalam menegakkan aturan serta menjunjung tinggi kebenaran, sebagai perwujudan perilaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Selain pencucian pataka, guna menyambut HUT ke-72 Bhayangkara pada 2018 ini, Polda Sulteng juga telah menggelar beberapa kegiatan, antara lain lomba adzan, lomba dai kamtibmas, lomba memancing, lomba sepeda, lomba burung berkicau dan merpati.

Jajaran Polda juga melaksanakan bhakti sosial seperti mengunjungi panti asuhan serta personel Polda Sulteng yang sedang sakit.

Pada Selasa (3/7), Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ermy Widyatno dijadwalkan memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan Tabur Bunga di Pelabuhan Ditpolair Polda Sulteng.

Upacara pencucian Pataka Wira Dharma Brata ini dihadiri Wakapolda, Irwasda dan seluruh Pejabat Utama Polda Sulteng serta personel polda sekitar 586 orang.

Prosesi pencucian pataka dilakukan oleh Kapolda Sulteng dan empat perwakilan dari unsur perwira menengah, perwira pertama brigadir dan tamtama.

Upacara puncak peringatan HUT Bhayangkara tingkat Polda Sulteng sendiri dijadwalkan berlangsung 11 Juli 2018. (Humas Polda Sulteng)