Santri Alkhairaat Poso upacara HUT Kemerdekaan di dalam laut

id POSO,SANTI ALKHAIRAAT,UPACARA

Para santir Alkhairaat Poso saat mengibarkan bendera merah putih dalam upacara HUT Kemerdekaan RI di dalam laut di Poso, Jumat (17/8) (Antaranews Sulteng/istimewa)

Poso (Antaranews SUlteng) - Sekitar 500 santri dari panti asuhan Yayasan Fadhila Alkhairaat Tegal Rejo Poso, menggelar upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di atas laut di Kota Poso, Jumat. 

Upacara di atas laut itu dimaksudkan  agar para santri sebagai generasi penerus bangsa, selain  memaknai arti pentingnya perjuangan dalam membela kemerdekaan, juga  menumbuhkan rasa cinta terhadap bahari. 

Upacara ini dimulai pukul 07.00 Wita dan dipusatkan di Pantai Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota Utara atau tepatnya di lokasi Yayasan Fadhila Alkhairaat. 

Upacara yang berlangsung khidmat itu, terlihat seluruh peserta menggunakan sarung dan songkok, para santri bersama warga mengikuti upacara sambil berendam di air laut dengan kedalaman sekitar enam puluh centimeter.

Dalam upacara tersebut selain menyanyikan lagu Indonesia raya, para santri bersama warga Tegalrejo kemudian membacakan ikrar janji kesetiaan santri terhadap NKRI.

Pembina panti asuhan Yayasan Fadhila Ustad Samsul Muarief  menyampaikan bahwa upacara di atas laut itu dilaksanakan sebagai bentuk menumbuhkan rasa cinta para santri terhadap laut dan Tanah Air. Selain itu para santri dan warga adalah satu dalam tanah air dan satu dalam berbangsa yang memahami tentang pentinganya mengenang jada para pejuang NKRI.

 "Tentunya kita disini semuanya satu yang cinta tanah air, satu sama rasa yang kemudian sama-sama turun di laut basah kuyup untuk melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan," kata Samsul.

Diakhir upacara, para santri juga mendoakan Negara Indonesia agar tetap damai, aman dan tidak terpecah belah yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman terumbu karang. 

Upacara itu dihadiri Babinkamtibmas Bripka Ahmad Fuad, Babinsa Tegalrejo, pihak Kementrian Agama Poso, Sekretaris Komda Alkhairaat Poso, Ibrahim Ismail, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Poso, Ustad Ustami Idris, Pihak Kampus STAI Poso dan PMII Poso serta masyarakat setempat. 
 
Suasana upacara dalam laut oleh para santri Alkhairaat Posomemperingati HUT Kemerdekaan RI di Poso, Jumat (17/8) (Antaranews Sulteng/istimewa)
Pewarta :
Editor: Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar