Empat desa teladan Poso terima penghargaan di HUT Kemerdekaan

id Poso,HUT Kemerdekaan, desa teladan

Empat desa teladan Poso terima penghargaan di HUT Kemerdekaan

Bupati Poso Darmin Agustuinus Sigilipu saat memimpin upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Poso, Jumat (17/8) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memnyerahkan piagam dan piala kepada empat desa teladan dalam hal kebersihan, kegotongroyongan dan pengelolaan keuangan tahun 2017, usai memimpin upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Poso, Jumat (17/8).

Keempat desa teladan itu adalah teladan satu Desa Padalembara Kecamatan  Poso Pesisir Selatan, teladan dua Desa Lantojaya, Kecamatan Poso Pesisir, teladan tiga Desa Singkona, Kecamatan Pamona Tenggara,  dan teladan empat Desa Sangira Kecamatan Pamona Utara. 

Sementara pemenang lomba desa/kelurahan tingkat Kabupaten Poso, juara pertama Desa Barati, Kecamatan Pamona Tenggara dan untuk tingkat kelurahan, juara satu Kelurahan Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba. 

Pemenang lomba pelaksana terbaik gotong royong masyarakat desa/kelurahan dijuarai Desa Tiwaa, Kecamatan Poso Pesisir, dan Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Poso Kota Utara.

Dalam upacara tersebut, bupati juga menyerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah ASN yang telah mengabdikan diri kepada bangsa dan negara selama 15, 25 dan 30 tahun.

Bupati Poso Darmin A. Sigiliput kepada wartawan yang ditemui usai upacara mengatakan bahwa terkait pembangunan Poso dua tahun terakhir mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Pembangun Poso di mulai dari Kota Poso dan terus berlangsung hingga ke pelosok desa. Sementara hubungan antara bupati dan wakil bupati dengan masyarakat berjalan sangat harmonis sehingga hal ini membuat masyarakat sangat mendukung program-program pembangunan yang ditetapkan pemerintah daerah.

"Untuk sektor kepariwistaan saat ini, juga mengalami kemajuan. Saat ini kami sedang mempersiapkan TDCC dan acara Festival Danau Poso di Tentena yang akan berlangsung Oktober 2018," ujarnya.

Upacara memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI yang dihadiri ribuan orang termasuk para pejabat sipil dan TNI-Polri dan tokoh masyarakat dan agama itu dilaksanakan di Lapangan Sintuwu Maroso Poso ditandai pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Poso dan doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Poso.