Mahasiswa Unimed ciptakan teknologi "hologram mathematics" untuk visual matematika

id berita sumut, berita sumut hari ini, berita sumut terkini, berita medan hari ini, mahasiswa unimed ciptakan teknologi

Pelajar SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, tengah berlatih Tehnologi "hologram mathematics" untuk meningkatkan kemampuan visual matematika. (Antara Sumut/Istimewa)

Cara kerja alat ini adalah dengan pemantulan objek gambar yang berasal dari led monitor, kemudian dipantulkan pada sisi piramid yang terbuat dari kaca akrilik
Medan (ANTARA) - Mahasiswa tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) Universitas Negeri Medan menciptakan Teknologi "hologram mathematics" untuk meningkatkan kemampuan visual matematika.

Tim PKM-M Universitas Negeri Medan (Unimed) Afifah Rahmi, Sabtu (6/7), mengatakan umumnya hologram mathematics (Holomath) digunakan untuk petunjuk seni, dan sangat jarang digunakan pada dunia pendidikan.

Disisi lain, menurut dia, pembelajaran matematika membutuhkan alat peraga yang menurunkan tingkat keabstrakan materi yang diajarkan.

"Alasan tersebut yang mendorong mahasiswa Unimed untuk melakukan inovasi dengan menciptakan Holomath," ujarnya.

Ia menyebutkan, Holomath berfungsi untuk meningkatkan kemampuan visual matematika siswa. Kemampuan visualisasi memiliki peran penting dalam pengembangan pemikiran dan pemahaman matematis yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika.

Dengan adanya kemampuan tersebut, siswa dapat membuat, memodifikasi serta mengiterpretasikan bentuk-bentuk bangun ruang itu sesuai dengan permasalahan yang diberikan.

"Holomath berisikan materi bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, prisma dan limas," ucap dia.

Afifah menjelaskan, setiap bangun ruang yang ditampilkan dapat dieksplorasi langsung oleh siswa.seperti siswa dapat melihat bagian bawah, atas, kanan, kiri, depan dan belakang dari bangun ruang kubus atau sesuai dengan keinginan mereka.

Media ini membantu siswa untuk memperjelas unsur-unsur yang membangun ruang tersebut.Selain itu siswa juga dapat menemukan konsep dari luas permukaan dan volume setiap bangun ruang.

"Cara kerja alat ini adalah dengan pemantulan objek gambar yang berasal dari led monitor, kemudian dipantulkan pada sisi piramid yang terbuat dari kaca akrilik," katanya.

Salah satu guru matematika di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan, Dra Riyanti mengatakan program pengembangan pembelajaran tersebut sudah cukup baik.

Dengan media seperti ini, menurut dia, siswa dapat mengembangkan kemampuan visualnya, khususnya pada bangun ruang yang biasa siswa hanya dapat membayang-bayangkan saja.

"Selain itu, media seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru berinovasi dalam proses pembelajaran," kata Yanti.

Tim PKM-M Unimed telah memberikan pelatihan kegunaan Holomath kepada guru dan siswa. Pelatihan sudah 6 kali dilaksanakan sejak tanggal 10 April 2019.

Pelaksanaan meliputi pengambilan data awal (pre-test), pelatihan penggunaan dan pembuatan media pembelajaran kepada guru, penerapan media kepada peserta didik, dan post test.

Tim PKM-M Matematika Unimed yakni Alphiyani Lukman, Afifah Rahmi, Anisa Putri Hairi, Siti Balqis Dongoran,Azwar Fadli, dan dosen pembimbing Andrea Arifsyah Nasution.

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar