Petahana Bupati Banggai incar dukungan NasDem maju di pilbup

id Pilkada serentak 2020,Pilkada banggai,NasDem,Herwin Yatim

Petahana Bupati Banggai incar dukungan NasDem maju di pilbup

Petahana Bupati Banggai, Herwin Yatim (mengenakan batik) saling bercengkrama tangan dengan Ketua DPD NasDem Banggai, Batia Sisilia Hadjar, saat Herwin Yatim mendaftar di partai besutan Surya Paloh, di Luwuk, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji/HO/NasDem)

Dalam proses penjaringan bakal calon bupati, survey akan menjadi rujukan utama dalam penetapan calon
Palu (ANTARA) - Petahana Bupati Banggai Herwin Yatim yang merupakan kader PDIP mengincar dukungan Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk kembali bertarung pada pemilihan kepala serentak 2020, di daerah itu.

"Iya, Bupati Banggai Herwin Yatim sebagai bakal calon bupati periode 2020-2024, mendaftar di Partai Nasdem," kata Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulteng, Mohammad Hamdin, di Palu, Rabu.

Herwin Yatim mengenakan kemeja batik berwarna biru, mendaftar di DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, Rabu (2/10) sore. 

Petahana itu mendaftarkan dirinya sendiri, dan tiba di Kantor Nasdem di kompleks pusat perbelanjaan kota Luwuk pukul 16.00 Wita. 

Kedatangannya diterima Ketua DPD NasDem Banggai, Batia Sisilia Hadjar dan pegurus lainnya di Banggai.

Batia Sisilia Hadjar dalam sambutannya, sebut Hamdin, menyampaikan proses penjaringan bakal calon berlangsung terbuka dan tanpa mahar sepeser pun, sesuai dengan gerakan restorasi Indonesia yang diusung NasDem dalam penjaringan bakal calon kepala daerah bertajuk politik tanpa mahar.

NasDem, kata dia, tidak serta merta memberikan dukungan kepada calon yang mendaftar. Hal itu karena ada mekanisme dan proses yang dilalui, salah satunya yaitu hasil survey.

"Dalam proses penjaringan bakal calon bupati, survey akan menjadi rujukan utama dalam penetapan calon," katanya. 

Selanjutnya, urai Hamdin, Batia Sisilia mengapresiasi Herwin Yatim dan rombongan. Karena Herwin Yatim merupakan pendaftar pertama di partai Nasdem sejak pendaftaran dibuka.

Sementara Herwin Yatim menyatakan bersedia mengikuti seluruh prosedur dan syarat yang telah ditetapkan Partai Nasdem, termasuk survey sebelum memberikan dukungan partai.***