Funtasy Island Batam Dirancang Mirip Ancol

id batam, wisata

Funtasy Island Batam Dirancang Mirip Ancol

Batam, (antarasulteng.com) - Dinas Pariwisata Kota Batam menyatakan pembangunan Funtasy Island di gugusan Pulau Manis dirancang menjadi kawasan wisata terpadu seperti layakanya Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

 "Sejumlah fasilitas wisata di Pulau Manis akan dirancang menyerupai kawasan wisata Ancol di Jakarta. Nanti akan ada lumba-lumbanya yang memang khusus untuk atraksi, tetapi akan ada juga nanti lumba-lumba yang akan dilepas di perairan sekitar pulau Manis," kata Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata Kota Batam, Rudi Panjaitan di Batam, Senin.

 Menurut Rudi, perairan di sekitar Pulau Manis yang masuk Kecamatan Belakangpadang cocok untuk habitat ikan lumba-lumba.

"Funtasy Island menurut sangat potensial untuk mendatangkan ribuan pengunjung wisatawan mancanegara. Letaknya yang ada di kelilingi lautan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta wisata bahari," kata dia.

Ia mengatakan, selain atraksi lumba-lumba juga akan dibangun banyak arena permainan moderen layaknya pusat wisata saat ini.

Funtasy Island akan dibuka pada tahun 2014, akan berisi kamar-kamar hotel dan villa yang melengkapi fasilitas konvensi, makan dan rekreasi - kesemuanya tersebar di kepulauan tropis asri seluas 810 hektar yang berlokasi di antara Batam dan Singapura.

Funtasy Island, yang berjarak hanya 16 kilometer lepas pantai Singapura, akan dapat diakses melalui kapal pesiar mewah atau feri selama 20 menit dari terminal feri Harbourfront. Pulau ini luasnya kira-kira dua-pertiga pulau Sentosa, dengan 70 persen dari total areanya dipertahankan sebagai tempat perlindungan alam. Berbagai aktivitas bertema lingkungan akan mencakup wisata budidaya perikanan di perairan sekitarnya serta lintas alam, sehingga memungkinkan para pengunjung mengeksplorasi lingkungan pulau yang masih alami tersebut.

Setelah selesai, Funtasy Island akan menjadi pengembangan pertama di dekat Singapura, yang mendekatkan para wisatawan dan pelancong dari perusahaan dengan berbagai atraksi seperti Universal Studios, Resorts World, Marina Bay Sands, dan Orchard Road, sambil menikmati kepencilan alami sebuah pulau pribadi.

"Pengembangan pulau tersebut sudah mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Batam pada Maret 2011 melalui dinas tata kota," kata Rudi.

PT Batam Island Marina selaku pembangun kawasan tersebut mengantongi IMB 1992, yang kemudian diperpanjang IMB tahun 2011 dan 2012. Perusahaan tersebut akan banyak mendatangkan wisatawan dari Singapura karena karena promosi gencar dilakukan di negeri tersebut.

Saat ini seluruh penghuni pulau tersebut sudah direlokasi karena pembangunan sudah dilakukan.