Pemkab alokasikan Rp4 miliar pengamanan Pilkada Poso

id Pilkada Poso,KPU Poso

Pemkab alokasikan Rp4 miliar pengamanan Pilkada Poso

Bupati Poso Darmin Sigilipu saat menyerahkan dana pengamanan Pilkada serentak 2020 ke Kapolres dan Kodim 1307 Poso di Poso, Rabu. (Fery Timparosa)

Anggaran itu melekat sendiri, untuk Polres Poso dan Kodim, kalau Sat Pol PP itu melekat langsung di OPD
Poso (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mengalokasikan anggaran pengamanan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Poso senilai Rp4 miliar.

Jumlah itu terbagi untuk kepolisian sebanyak Rp3 miliar dan TNI Kodim 1307 Poso senilai Rp1 miliar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Pemkab Poso, Sukimin mengatakan anggaran itu telah diserahkan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu kepada Kapolres Poso AKBP Darno dan pihak Kodim Poso oleh Kasdim Mayor Inf Iqbal Makmur,Senin 18/11. 

"Anggaran itu melekat sendiri, untuk Polres Poso dan Kodim, kalau Sat Pol PP itu melekat langsung di OPD," kata Sukimin, di Poso, Rabu. 

Sukimin menjelaskan Pemkab Poso telah menyelesaikan seluruh pos anggaran untuk Pilkada Poso, masing-masing untuk KPU Poso senilai Rp30,2 miliar, Bawaslu senilai Rp12,2 miliar, Polres Rp3 miliar dan Kodim Poso Rp1 miliar. 

Dia mengatakan Pilkada merupakan agenda nasional, olehnya stakeholders mendukung agar pelaksanaannya berjalan baik. 

Baca juga: KPU Poso mulai sosialisasi cabup perseorang pilkada 2020

Kapolres Poso AKBP Darno mengatakan jumlah personil dalam pengamanan Pilkada 2020 akan disesuaikan sesuai tahapan Pilkada, seperti tahapan kampanye, dan tahapan pemungutan suara yang jumlah personil akan berbeda. Sementara jumlah personil Kodim 1307 Poso masih akan dirapatkan. 

"Kan sesuai tahapan, kalau kampanye jumlahnya berapa  dan pemungutan suara nanti akan lebih banyak dari kampanye," ujar Darno. 

Untuk jadwal Pilkada pemungutan suara di Kabupaten Poso sesuai PKPU direncanakan pada 23 September 2020.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar