Gitar John Lennon Laku 408 Ribu Dolar AS

id john lennon, gitar, musik

Gitar John Lennon Laku 408 Ribu Dolar AS

Gitar John Lennon (reuters)

Los Angeles (antarasulteng.com) - Sebuah gitar listrik buatan khusus, yang pernah digunakan mendiang John Lennon dan George Harrison, dua musisi The Beatles, terjual dalam lelang di New York pada Sabtu seharga 408 ribu dolar AS, kata petugas dalam acara tersebut.

Gitar buatan perusahaan VOX itu dijual kepada seorang pembeli dari Amerika Serikat, yang tak disebutkan namanya, dalam acara "Music Icons", yang diselenggarakan balai lelang Julien, yang berkantor di Beverly Hills, California, di kafe Hard Rock di Manhattan.

Julien mengatakan sebelumnya jika pihaknya memperkirakan gitar itu, yang merupakan barang terpenting dalam lelang, Sabtu, akan terjual pada kisaran harga 200-300 ribu dolar AS.

Harrison memainkan instrumen itu saat berlatih memainkan lagu "I`m the Walrus". Sementara itu Lennon menggunakannya dalam sesi video untuk lagu "Hello, Goodbye" menurut pernyataan dari Balai Lelang Julien.

Kedua lagu itu terdapat dalam album The Beatles "Mystery Tour Magical" yang dikeluarkan pada 1967.

Gitar VOX itu adalah prototipe instrumen yang dibuat khusus bagi Lennon pada tahun 1966, kata Martin Nolan, direktur eksekutif Julien. Lennon memberikan gitar VOX sebagai hadiah tahun 1967 kepada Yanni "Magic Alex" Mardas, yang merupakan insinyur elektronik untuk label Apple Records group musik itu, kata Balai Lelang itu.

Gitar yang dipamerkan dalam beberapa pekan terakhir di museum di Irlandia sebelum dijual tersebut beberapa tahun lalu pernah dijual oleh Balai Lelang Christie seharga sedikit lebih dari 100 ribu dolar AS. Menurut Nolan pembeli terakhir, yang mengirimkan wakilnya ke acara lelang Sabtu untuk turut dalam acara itu atas namanya, ingin tetap tidak dikenal.

Lennon ditembak mati di New York pada tahun 1980 oleh bekas penggemarnya, dan Harrison meninggal karena kanker paru-paru di Los Angeles pada tahun 2001. Anggota The Beatles yang tersisa adalah Paul McCartney dan Ringo Starr, demikian Reuters.