Pemkot Palu salurkan bansos beras untuk PKH

id PKH palu,bansos beras palu

Pemkot Palu  salurkan bansos beras untuk PKH

Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulteng, Basirun menyerahkan secara simbolis bansos beras untuk penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu beberapa waktu lalu untuk selanjutnya didistribusikan kepada seluruh masyarakat di daerah itu. (ANTARA/Anas Masa).

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai menyalurkan bantuan sosial berupa beras bagi keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) yang tersebar di delapan kecamatan dan 46 kelurahan di ibu kota provinsi itu.

Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Rommy Sandi Agung, Selasa membenarkan bantuan sosial pemerintah pusat yang disalurkan melalui Kementerian Sosial tersebut sudah mulai didistribusikan kepada masing-masing kepala keluarga penerima manfaat.

Penyerahan bansos secara simbolis kepada beberapa warga penerima PKH dilakukan langsung Wali Kota Palu, Hidayat dan Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said.

Selanjutnya, beras dimaksud akan disalurkan kepada masyarakat secara bertahap di masing-masing kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Palu.

Pendistribusian bansos melalui pihak ketiga yakni perusahaan yang sudah ditentukan sebagai pemenang tender angkutan/transportasi.

"Bukan lagi Bulog yang salurkan, tetapi perusahaan yang telah ditentukan," kata dia.

Perusahaan tersebut bertanggungjawab pengangkut bansos sampai ke titik terdekat yang ada di masing-masing wilayah.

Rommy menjelaskan untuk tahap pertama penyaluran bansos beras dari Kementerian Sosial kepada keluarga penerima manfaat program PKH di Palu yakni jatah dua bulan (Agustus-September) 2020 sebanyak 15kg/kk/bulan.

Jadi karena disalurkan dua bulan, maka setiap kk keluarga harapan akan memperoleh 30kg.

Pemerintah pusat, kata dia, mengalokasikan bansos beras bagi PKH di seluruh Tanah Air, termasuk di Palu untuk jatah tiga bulan dari Agustus s/d Oktober 2020.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulteng, Basirun sebelumnya mengatakan Bulog hanya sebagai penyedia bansos beras.

"Kita tidak menyalurkan, tetapi hanya sebatas menyediakan stok beras sesuai dengan kebutuhan penyaluran," katanya.

Basirun menjamin bahwa soal stok beras tidak perlu diragukan, sebab Bulog Sulteng masih memiliki persediaan beras di gudang dalam jumlah memadai.

Selain itu, Bulog Sulteng juga tetap gencar membeli beras produksi petani yang ada di beberapa daerah penghasil beras di Provinsi Sulteng.

Jumlah penerima bansos beras PKH di Kota Palu sekitar 15.292 kk.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar