PLN Palu lakukan pemeliharaan jaringan GI 30 MVA

id Pln, pemeliharaan jaringan, UP3 Palu, gardu induk,Reky Paranoan, pemadaman listrik

PLN Palu lakukan pemeliharaan jaringan GI 30 MVA

Logo Perusahaan Listrik Negara (PLN) ANTARA/Ilustrasi

Pemeliharaan terencana bulan ini berdampak pada pemadaman aliran listrik di wilayah Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya berlaku hari ini mulai Pukul 08.00-16.00 WITA
Palu (ANTARA) -
PT PLN (Persero) Area Palu, Sulawesi Tengah melakukan pemeliharaan jaringan Gardu Induk (GI) Sidera pada trafo 30 MVA guna optimalisasi suplai listrik kepada pelanggan.

"Pemeliharaan terencana bulan ini berdampak pada pemadaman aliran listrik di wilayah Kota Parigi, Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya berlaku hari ini mulai Pukul 08.00-16.00 WITA," kata Manager Jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu Reky Paranoan yang dihubungi, di Palu, Selasa.

Dia mengemukakan, khusus wilayah Kota Parigi dan sekitarnya, pemadaman energi listrik berlaku pada Selasa (10/11) dan Kamis (12/11) dengan waktu pemadaman selama delapan jam.

Yang mana, wilayah-wilayah terdampak pemadaman yakni Kecamatan Tinombo Selatan, Kasimbar, Toribulu, Ampibabo, Siniu, Parigi Utara, Parigi Tengah, Parigi, Parigi Barat dan Parigi Selatan hingga Kecamatan Torue, Balinggi serta Sausu yang berbatasan dengan Kabupaten Poso.

Pemeliharaan jaringan terencana pada GI Sidera, merupakan salah satu upaya PLN dalam rangka meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan ke Kabupaten Parigi Moutong supaya terjadi optimalisasi suplai daya.

"Mohon pada pelanggan agar menyiapkan peralatan yang dapat menunjang kegiatan selama dilakukan pekerjaan pemeliharaan, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Sebelum melakukan pemadaman, kami juga menginformasikan kepada publik melalui pemerintah setempat maupun media sosial," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan pemeliharaan dilakukan penghentian sementara pasokan tenaga listrik dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyamanan petugas lapangan saat melakukan pekerjaan.

Lalu, pada Bulan Desember, PLN mengupayakan tidak ada pemadaman energi listrik dan kegiatan pekerjaan pemeliharaan jaringan.

"Kami harap masyarakat atau pelanggan bersabar. Ini sudah menjadi konsekuensi saat melakukan pekerjaan seperti ini. Tidak ada tujuan lain, selain upaya kami memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," tutur Reky.

Menurut dia, jika sistem kelistrikan tidak dilakukan perawatan secara rutin, akan berdampak pada ketidak awetan perangkat dan sistem jaringan yang justru dapat menimbulkan gangguan serta berdampak pada penggunaan listrik oleh pelanggan yang tidak optimal.

"PLN tidak bermaksud mengecewakan pelanggan. Tetapi kegiatan ini harus di lakukan, supaya kehandalan pasokan listrik tetap stabil dan ini semata-mata untuk meningkatkan pelayanan yang prima," demikian Reky.