NasDem kembangkan budidaya porang di Sulteng

id DPW NasDem Sulteng,NasDem Sulteng,Partai NasDem,Petani NasDem,Porang

NasDem kembangkan budidaya porang di Sulteng

Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem Sulteng Rusdi Mastura menanam tanaman porang secara simbolis di Kebun DPW Petani NasDem Sulteng, di Kecamatan Dolo, Rabu. (ANTARA/HO-MOHAMMAD HAMDIN)

Palu (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah Petani Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Sulawesi Tengah sedang mengembangkan budidaya tanaman porang di Kabupaten Sigi, sekaligus menjadikan lahan tersebut sebagai pusat pembelajaran budidaya porang di provinsi itu. 

"Kebun Nasdem di Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, akan dijadikan pusat pembelajaran dan pengembangan tanaman porang di Sulawesi Tengah," kata Ketua DPW Petani NasDem Provinsi Sulteng Mansyur M Yahya, di Sigi, Rabu.

Petani NasDem merupakan salah satu badan otonom Partai NasDem yang saat ini sedang melakukan budidaya tanaman Porang di Sulteng.

DPW Petani Nasdem Sulteng bersama fungsionaris DPW NasDem Sulteng mulai melakukan budidaya ditandai dengan penanaman perdana tanaman Porang di kebun Petani Nasdem Sulteng, Dolo, Kabupaten Sigi.

Penanaman perdana tanaman porang ini dilakukan secara simbolis oleh Ketua Dewan Pertimbangan DPW Partai NasDem Sulteng Rusdy Mastura, yang juga Gubernur Sulawesi Tengah terpilih pada pilkada serentak 2020.

Dalam kegiatan budidaya itu, Petani NasDem Sulteng didampingi Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Syaharuddin Alrif.

"Keterlibatan Syaharuddin Alrif, pada penanaman perdana tanaman Porang ini, karena di Sulawesi Selatan utamanya kelompok tani binaan Partai Nasdem di Sulsel telah lebih dahulu membudidayakan tanaman jenis ini dengan sukses. Karena itu, kami butuh pendampingan beliau," kata Mansyur.

"Penanaman perdana tanaman porang, akan ditanami di lahan seluas empat hektare dengan memprioritaskan pengembangan bibit porang," tambahnya.

Jika tidak ada hambatan, ujar Mansyur penanaman perdana ini akan menghasilkan 300.000 bibit porang baru yang akan dikembangkan pada periode tanam tahun depan.

Berkaitan dengan itu Syaharuddin Alrif mengemukakan porang akan menjadi komoditas baru yang potensial untuk dikembangkan di Sulawesi Tengah, karena kontur tanah dan iklimnya sangat cocok.

Senada dengan itu, Rusdy Mastura menyebut porang akan menjadi komoditas baru yang bisa menjadi solusi pertanian yang menjanjikan untuk ditanami di lahan pertanian di Sulteng yang belum termanfaatkan.

"Bahkan sepengetahuan saya, tanaman ini bisa ditumpangsarikan dengan tanaman jenis lain yang telah ditanam sebelumnya," kata Rusdy.

Untuk kesejahteraan petani, lanjut Rusdy, tanaman porang harus dikembangkan selain tanaman pangan lainnya.

"Ke depan, jika saya telah dilantik, kita akan kaji kebijakannya, permodalan dan industri tentunya. Untuk itu, saya minta DPW Petani Nasdem Sulteng, menjadi garda terdepan," sebut Rusdy.