Wawali Palu: peringatan hari Kartini perlu di refleksi lewat aktualisasi

id Hari Kartini, Wawali palu, Reny Lamadjido, pameran foto, Sulteng,Pemkotpalu

Wawali Palu: peringatan hari Kartini perlu di refleksi lewat aktualisasi

Wakil Wali Kota Palu, Reny Lamadjido (kanan) membuka kegiatan pameran foto yang digagas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dalam rangka memperingati hari Kartini yang bertajuk 'Kartini hari ini', di Palu, Rabu (21/4/2021). ANTARA/HO/Humas Pemkot Palu

Seyogyanya peringatan hari Kartini tentunya lebih tepat bila dilakukan bukan hanya secara seremonial saja, namun selayaknya direfleksikan dalam kegiatan aktual
Palu (ANTARA) -
Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Reny Lamadjido mengatakan peringatan hari R A Kartini perlu direfleksikan dalam bentuk aktualisasi mengenang jasa seorang tokoh perempuan nasional.
 
"Seyogyanya peringatan hari Kartini tentunya lebih tepat bila dilakukan bukan hanya secara seremonial saja, namun selayaknya direfleksikan dalam kegiatan aktual," ujar Wawali Palu Reny Lamadjido di sela-sela pembukaan pameran foto memperingati hari Kartini, di Palu, Rabu.
 
Dia menjelaskan, kegiatan aktual yang dimaksud yakni selaras dengan cita-cita perjuangan R A Kartini untuk mencerdaskan bangsa, sejahtera, dan berguna bagi sesama.
 
Oleh karena itu, kegiatan yang digagas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sulteng bertajuk 'Kartini hari ini' bagian dari implementasi yang dikemas di era kekinian sebagai salah satu cara mengingat perjuangan perempuan yang lebih mantap.
 
"Pameran ini menjadi pengingat sejarah perjuangan R A Kartini dan menjadi penggugah untuk terus berjuang mempertahankan indeks pembangunan gender di kota Palu," ucap Reny.
 
Ia berharap, perempuan di ibu kota Sulteng konsisten berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat membantu pemerintah dengan tetap bercitra sebagai bagian dari bangsa berdaulat.
 
"Emansipasi wanita juga penting dalam pembangunan daerah namun tetap menjaga kodrat sebagai perempuan," demikian Reny.