PMI Morowali Utara gelar donor darah peringati HUT RI ke 76

id Sulteng,Palu,Ppkm,Morut ,Sandi

PMI Morowali Utara  gelar donor darah peringati HUT RI ke 76

Sejumlah warga mengikuti donor darah yang diadakan PMI Morut dalam rangka memperingati HUT RI ke 76. Kegiatan tersebut diadakan di Markas PMI Morut di kompleks Kantor Bupati Morut, Selasa (17/8). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Palu (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah di Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 76.

Donor darah yang dilakukan sejumlah petugas transfusi darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolonodale tersebut diadakan di Markas PMI Morut di kompleks Kantor Bupati Morut usai pelaksanaan upacara pengibaran bendara pusaka oleh Pemerintah Kabupaten Morut, Selasa.

"Ini panggilan kemanusiaan. Kita sengaja melaksanakan donor darah ini pada hari kemerdekaan dan ternyata cukup banyak masyarakat yang ikut mendonorkan darahnya. Kami sangat terharu," kata Ketua PMI Morut Febriyanti DJ Hehi.

Ia mengemukakan kegiatan donor darah tersebut sengaja dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan RI sebagai bentuk bakti sosial kemanusiaan.

"Selain masyarakat umum, beberapa kelompok masyarakat juga ikut dalam kegiatan donor darah ini yakni dari PT  Bumi Makmur Istindo Nikeltama (Bumanik), PT Trinusa Dharma Utama, anggota kepolisian dan beberapa kelompok masyarakat lainnya," ujarnya.

Hingga petang tercatat 50 orang yang mendaftar untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya. Setelah mengikuti tahapan pemeriksaan, 40 orang yang diizinkan mendonor.

Febriyanti menyatakan donor darah itu merupakan kegiatan yang keempat kali diadakan oleh PMI Morut sepanjang tahun 2021. Ia berharap kesadaran dan kepedulian masyarakat Morut untuk mendonorkan darahnya terus meningkat dan makin banyak masyarakat yang berpartisipasi.

"Sebab satu tetes darah yang didonorkan sangat berarti bagi keselamatan nyaman manusia," katanya.