Wagub Sulteng: Pengembangan pariwisata Togean jadi prioritas

id ma'mun amir,kepulauan togean,togean,wagub sulteng,pemprov sulteng

Wagub Sulteng:  Pengembangan pariwisata Togean jadi prioritas

Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir bersama rombongan meninjau kondisi infastruktur di wilayah Kepulauan Togean, Senin. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Tojo Una-una, Sulteng (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub Sulteng) Ma'mun Amir menyatakan pengembangan pariwisata di Kepulauan Togena, Kabupaten Tojo Una-una, menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah provinsi (pemprov).

"Saya dan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura akan terus mendorong pengembangan pariwisata Togean," ucap Ma'mun Amir, di Tojo Una-una, Senin.

Wakil Gubernur Ma'mun Amir melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tojo Una-una dan Kepulauan Togean guna melihat langsung kondisi pariwisata Togean, yang akan diintervensi dengan program pembangunan oleh Pemprov Sulteng.

Wagub Ma'mun Amir mengatakan ia dan Gubernur Rusdy Mastura berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata Togean, dengan harapan akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Salah satu bentuk intervensi Pemprov Sulteng yakni melakukan pembangunan infrastruktur di wilayah Kepulauan Togean, di antaranya jembatan yang dapat menghubungkan pulau yang satu dengan pulau yang lain.

Ma'mun Amir mengemukakan Pemprov Sulteng akan memberikan dukungan anggaran kepada kabupaten/kota masing-masing senilai Rp100 miliar, yang dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur daerah.

"Pembangunan jembatan yang dapat menghubungkan antar-pulau di Togean, diprioritaskan pada tahun 2022," sebutnya.

Untuk mendongkrak pengembangan pariwisata Togean, kata Ma'mun Amir, perlu adanya sekolah yang berkualitas dibangun di wilayah Kepulauan Togean.

"Hal ini untuk meningkatkan sumber daya, keterampilan dan daya saing," ujarnya.

Wagub Sulteng Ma'mun Amir juga mengemukakan Pemprov Sulteng akan mendorong pembentukan Kabupaten Kepulauan Togean  dalam rangka mempercepat pelayanan kepada masyarakat, dan pembangunan di wilayah Togean.

"Saya bersama Gubernur Sulteng Rusdy Mastura akan mendorong dan mengusulkan agar pemerintah pusat melakukan kajian strategi mempercepat pembangunan daerah kepulauan," ungkapnya.
 
Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir bersama rombongan meninjau kondisi infastruktur di wilayah Kepulauan Togean, Senin. (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)