Rektor UIN sampaikan pesan agenda pemerintah pada HUT ke-77 RI

id UiN Palu,UIN Datokarama,Prof Sagaf Pettalongi,HUT ke 77 Kemerdekaan RI,Upacara 17 Agustus 2022

Rektor UIN sampaikan pesan agenda pemerintah  pada HUT ke-77 RI

Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi membacakan sambutan Presiden Joko Widodo pada upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di lingkup UIN Palu, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi menyampaikan pesan agenda pemerintah kepada civitas akademik perguruan tinggi negeri itu pada upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Partisipasi aktif semua komponen bangsa di Tanah Air ini sangat penting untuk menyukseskan pembangunan," kata Sagaf yang bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Ri di lingkup UIN Datokarama Palu, Rabu.

ia mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah itu untuk membantu pemerintah menyukseskan penyelenggaraan pembangunan demi terwujudnya kemakmuran bersama. 

Sagaf  yang membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dengan menyampaikan lima pesan agenda pemerintah, antara lain pertama,  pemerintah pusat saat ini terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola sumber daya alam agar dapat memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

"Hal itu yang dilakukan dengan hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam," ujarnya.

Kedua,  pengembangan dan peningkatan sumber energi terbarukan yaitu energi bersih dan ekonomi hijau. Ketiga adalah perlindungan hukum, sosial, politik dan ekonomi kerakyatan terus diperkuat oleh pemerintah.

Keempat, pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa naik kelas, dan kelima, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang harus dijaga keberlanjutannya.

Pada kesempatan itu Sagaf menegaskan, UIN Palu sebagai rumah besar para intelektual Muslim harus mengambil peran strategis dalam menopang dan menyukseskan lima agenda pembangunan tersebut.

"Utamanya adalah fokus kita pada pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia. Tentu harus dengan sinergi antarlembaga instansi dan multi pihak lainnya," ujar pakar manajemen pendidikan itu.

Guru Besar UIN Palu itu mengemukakan pendidikan dan pengajaran yang inklusif berbasis integrasi keilmuan menjadi kata kunci utama untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul di masa mendatang. 

"Lima agenda besar pembangunan yang diselenggarakan pemerintah harus ditindaklanjuti ke dalam rencana strategis pengembangan akademik UIN Palu, sehingga dapat dilaksanakan secara optimal dan berkelanjutan," ungkapnya.

Pada upacara HUT RI itu juga Rektor menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan satya lencana karya satya dari Presiden RI Joko Widodo, kepada salah seorang aparatur sipil negara UIN Palu, Fatmawati, atas pengabdian 10 tahun.

Penghargaan itu sesuai dengan keputusan Presiden RI nomor 56/TK/tahun 2022, ditetapkan di Jakarta tanggal 2 Agustus 2022.
Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi (kanan) menyerahkan penghargaan satya lencana karya setya pengabdian 10 tahun kepada Fatmawati (kiri), di Palu, Rabu (17/8/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)