HUT Perhubungan, KUPP Luwuk gelar aksi bersih laut di Teluk Lalong

id KUPP, Luwuk, Banggai, HUT Perhubungan, bersih, pelabuhan, Sulawesi Tengah, Suleman Langge

HUT Perhubungan, KUPP Luwuk gelar aksi bersih laut di Teluk Lalong

Kepala KUPP Kelas II Luwuk, Suleman Langge bersama staf saat melakukan aksi bersih-bersih laut di Teluk Lalong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada Jumat, (16/09/2022). ANTARA/Stepensopyan Pontoh

Luwuk, Banggai (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan yang jatuh pada 17 September 2022, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Luwuk melakukan bakti sosial dengan menggelar aksi bersih-bersih laut di Teluk Lalong, Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
 
Kepala KUPP Kelas II Luwuk, Suleman Langge di Luwuk, Sabtu, mengungkapkan aksi bersih-bersih laut di Teluk Lalong sudah menjadi rutinitas KUPP setiap Jumat pagi.
 
Alasannya, kata dia, karena kebersihan laut di Teluk Lalong yang menjadi kolam pelabuhan Luwuk merupakan bagian dari upaya menjaga keselamatan pelayaran maritim.
 
"Ini juga berkaitan dengan peringatan Hari Perhubungan hari ini," katanya.
 
Suleman juga mengatakan pihaknya mengajak semua komponen lembaga dan masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan laut, khususnya di Teluk Lalong Luwuk.
 
Ia menjelaskan bahwa kebersihan laut merupakan salah satu bagian dari menjamin keselamatan pelayaran bagi pengguna jasa pelayaran di Kabupaten Banggai.
 
Pada momentum perayaan Hari Perhubungan tahun ini, kata Suleman, pihaknya juga mendapatkan tugas tambahan dari Kementerian Perhubungan RI, yakni mengkampanyekan keselamatan transportasi laut dan aksi bersih pantai.
 
"Untuk kampanye keselamatan transportas, kamii sudah laksanakan dengan membagikan 'live jacket' kepada penumpang kapal yang akan menuju ke kabupaten Banggai Kepulauan," ujarnya.

Selain pembagian live jacket, kegiatan kampanye keselamatan transportasi juga akan dilakukan dengan cara memberi pengetahuan berupa sosialisasi, penyuluhan, hingga pembagian pamflet kepada penumpang kapal dari Luwuk menuju kabupaten lain.
 
Suleman juga menjelaskan bahwa khusus aksi bersih-bersih laut pada hari Jumat (16/9), juga dengan melibatkan sejumlah pihak, antara lain Basarnas, perusahaan jasa pelayaran, buruh, dan aktivis lingkungan, GAM Luwuk.
 
 
Momentum perayaan Hari Perhubungan tahun ini juga dilakukan sejumlah kegiatan hiburan yang menghadirkan semua pihak mitra KUPP Luwuk.