Polda Sulteng manfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam

id Polda Sulteng, polisi, bercocok tanam, wakapolda, Hery Santosao, Palu, sulteng

Polda Sulteng manfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam

Sejumlah Polwan membelah semangka hasil panen personel Polda Sulteng yang di tanam di sekitar markas komando, Jumat (10/302023). ANTARA/Polda Sulteng

Palu (ANTARA) -
Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah memanfaatkan lahan pekarangan sekitar markas komando untuk kegiatan bercocok tanam aneka tanaman buah dan sayur-sayuran.


 


"Kita juga perlu bercocok tanam untuk konsumsi di internal. Apa yang sudah dituai hasilnya sudah bisa di nikmati saat ini," kata Wakapolda Sulteng Brigjen (Pol) Hery Santoso saat melaksanakan program Jumat Berkah di internal kepolisian di Palu, Jumat.


 


Ia mengemukakan, setelah melalui proses perawatan setelah ditanam, hasil jerih payah tersebut akhirnya dapat dirasakan oleh seluruh personel Polda Sulteng yang bermarkas di Jalan Soekarno Hatta Palu.


 


Menurutnya, polisi tidak hanya melaksanakan tugas dan fungsi sebagai penegak hukum, tetapi di luar tugas itu perlu ada inovasi, salah satunya bercocok tanam sebagai bagian dari kegiatan sosial.


 


"Tanaman di panen hari ini yakni buah semangka. Mako Polda memiliki lahan kurang lebih lima hektare. Lahan ini potensial dikembangkan untuk berbagai kegiatan, lahan satunya bercocok tanam," ujarnya.


 


Ia menilai, dari giat ini terbangun semangat kebersamaan personel, terlihat dari ekspresi mereka saat panen buah semangka penuh kegembiraan dalam suasana kekeluargaan.


 


"Artinya dari giat ini secara tidak langsung memberikan manfaat terhadap psikologi personel, yang mana mereka selalu diperhadapkan dengan rutinitas kantor, kini dengan bercocok tanam seolah menjadi wahana rekreasi. Hasil panen ada yang dikonsumsi disini ada pula mereka bawa pulang dikonsumsi bersama keluarga," tuturnya.


 


Ia menyebut, sejumlah jenis komoditas ditanam di lahan tersebut diantaranya semangka, melon, nanas, pisang, durian, bayam, kangkung, dan tanaman produktif lainnya.


 


"Kami berharap giat-giat seperti ini terus berkesinambungan, paling tidak untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga personel," demikian Hery.