Zainut Tauhid tegaskan ASN Kemenag harus beri layanan cepat dan efisien

id Zainut Tauhid,Wakil Menag ,Kemenag,Asn kemenag,Pelayanan kemenag

Zainut Tauhid tegaskan ASN Kemenag harus beri layanan cepat dan efisien

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (tengah), didampingi Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf Pettalongi (kanan), Kepala Kanwil Kemenag Sulteng (kiri) menyampaikan keterangan kepada wartawan, di UIN Palu, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementerian Agama di wilayah Sulawesi Tengah harus bisa memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan berkualitas kepada masyarakat.

"Lebih cepat, lebih baik. Pelayanan mudah, cepat, dan murah, itu lebih baik. Kalau bisa diselesaikan hari ini, kita harus selesaikan, jangan ditunda," kata Zainut Tauhid, di Palu, Rabu.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Palu. Dalam kunjungan itu, Zainut menghadiri pembinaan ASN lingkup Kemenag wilayah Sulteng, berlangsung di UIN Datokarama Palu.

Kepada ASN Kemenag wilayah Sulteng, Zainut mengatakan bahwa Kemenag bertekad untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, yang diikutkan dengan meningkatkan profesionalitas ASN.

Oleh karena itu, sebut dia, komitmen ASN Kemenag agar lebih profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya utamanya yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat.

"Agar kita lebih bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik baiknya," kata dia.

Ia mengutarakan, profesionalitas ASN dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, harus diikutkan dengan meningkatkan kompetensi dan dedikasi ASN.

"Bagaimana kita meningkatkan kompetensi dan dedikasi agar lebih memaksimalkan pelayanan tanpa melihat status sosial, warna kulit, agar pelayanan benar - benar dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia menerangkan, di era digitalisasi saat ini, pelayanan kepada masyarakat harus bertransformasi berbasis digital. Dengan begitu, pelayanan dapat dilakukan secara tepat, cepat dan murah.

"Sehingga jangan lagi ada istilah, kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah," katanya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, serta sistem komunikasi dan informasi, maka Kementerian Agama, ujarnya, mempercepat layanan berbasis digital.

"Layanan digital menutup ruang transaksi," katanya.
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (tengah), didampingi Rektor UIN Datokarama Palu Profesor Sagaf Pettalongi (kanan), Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Administrasi Umum UIN Palu (kiri) Dr Kamaruddin, di UIN Palu, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)