Bupati Sigi mengajak umat beragama manfaatkan Idul Fitri cegah SARA

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Lebaran 2023,Idul Fitri 2023,Bupati Sigi ajak umat beragama manfaatkan Idul Fitri

Bupati Sigi mengajak umat beragama manfaatkan Idul Fitri cegah SARA

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan sambutan di sela - sela pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Miftahul Jannah, di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (22/4/2023) (Istimewa)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan mengajak umat beragama di daerah itu untuk memanfaatkan momentum Idul Fitri 1444 Hijriah Tahun 2023 demi membangun kebersamaan untuk mencegah politisasi dan isu Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

"Umat beragama agar meningkatkan kebersamaan dengan memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk saling maaf dan memaafkan antara satu dengan yang lainnya," imbuh Mohamad Irwan, di Sigi, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Sigi menggelar sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di dua masjid yaitu Masjid Miftahul Jannah, Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru dan Masjid Al-Awwabin Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Sabtu (22/4).

Bupati Sigi Mohamad Irwan bersama umat Islam sholat Idul Fitri di Masjid Miftahul Jannah dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat bersama masyarakat di Masjid Al-Awwabin.

Dalam kesempatan itu, Mohamad Irwan mengemukakan bahwa bulan Ramadhan dan Idul Fitri beririsan dengan momentum Pemilu 2024. Untuk itu umat beragama agar bersatu dan jangan teradu domba dengan kepentingan politik sesaat.

Ia mengimbau kepada umat beragama untuk bersatu merawat kerukunan di tengah kemajemukan yang ada.

"Di tahun politik saat ini, toleransi antar umat beragama harus terus kita kuatkan, sehingga umat agama yang ada di Kabupaten Sigi kualitas hidup meningkat terutama pada aspek kerukunan," ujarnya.

Bupati juga mengimbau kepada umat beragama untuk mewaspadai penyebaran faham intoleransi, radikalisme dan terorisme di momentum pemilu.

"Isu faham radikalisme patut diwaspadai dan dicegah. Kelompok - kelompok eksteime begitu masif menyebarkan fahamnya di semua ruang dan lini kehidupan masyarakat terutama di ruangan -ruang kerohanian. Untuk itu, mari kita menjaga anak-anak kita dari faham tersebut," kata Bupati menghimbau.

Bupati juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

"Atas nama pimpinan daerah dan pribadi mengucapkan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Di akhir pelaksanaan shalat Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Sigi melalui secara simbolis menyerahkan dana bantuan pembangunan masjid sebesar Rp50 juta.
Asisten II Bidang Pembangunan Setda Pemkab Sigi, Iskandar Nongtji menyerahkan secara simbolis bantuan pembangunan masjid di sela - sela pelaksanaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Miftahul Jannah, di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (22/4/2023) (Istimewa)