Basarnas menggelar siaga SAR Khusus KTT ASEAN di Labuan Bajo

id NTT,basarnas maumere,KTT ASEAN,ASEAN

Basarnas menggelar siaga SAR Khusus KTT ASEAN di Labuan Bajo

Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Provinsi Nusa Tenggara Timur telah dikerahkan ke Labuan Bajo untuk melaksanakan siaga SAR Khusus KTT ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023. (ANTARA/HO-Basarnas Maumere)

Kupang (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengelar operasi SAR Khusus Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dalam mendukung pelaksanaan KTT ASEAN maka Basarnas melalui Basarnas Maumere mengelar operasi SAR Khusus selama berlangsungnya KTT ASEAN di Labuan Bajo," kata Kepala Basarnas Maumere Mexianus Bekabel di Maumere, Kamis.

Pihaknya telah mengirim tim rescue dan satu unit kapal operasi yaitu KN SAR Puntadewa 250 serta Rescue Boat 212 Maumere yang diberangkatkan dari Pelabuhan Wuring Maumere, Kabupaten Sikka, menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (5/5), untuk berpartisipasi siaga SAR Khusus KTT ASEAN yang berlangsung 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo.

"Kepala Basarnas RI (Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi) akan bersama-sama tim SAR selama berlangsungnya KTT ASEAN di Labuan Bajo, untuk itu terus mengedepankan semangat quick response SAR dan menjaga kedisiplinan saat melaksanakan siaga SAR KTT ASEAN," kata Mexianus Bekabel.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka Adrianus Firminus Parera yang mewakili Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mengapresiasi dedikasi tim SAR Maumere yang melaksanakan misi pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Sikka maupun daerah lainnya di Pulau Flores, Lembata, dan Alor.

"Kami menghaturkan terima kasih setinggi-tingginya atas dedikasi tim SAR Basarnas Maumere yang telah melaksanakan misi pencarian dan pertolongan. Junjung terus nama baik dan tugas mulia Basarnas, terus semangat dalam melaksanakan siaga SAR KTT ASEAN," ujarnya.