Pemkab Sigi optimalkan program BIAS dalam wujudkan generasi unggul-sehat

id Pemkab Sigi,Program BIAS,Bupati Sigi,Pendidikan Sigi,Mohamad Irwan

Pemkab Sigi optimalkan program BIAS dalam wujudkan generasi unggul-sehat

Bupati Sigi Mohamad Irwan memukul gong sebagai simbol dimulainya kampanye sekolah sehat melalui program BIAS. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengoptimalkan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) untuk mewujudkan generasi muda yang unggul secara pendidikan dan sehat secara kesehatan.

"Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas untuk mewujudkan generasi unggul dan sehat," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Jumat.

BIAS merupakan salah satu program nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. Melalui program ini siswa - siswi tingkat sekolah dasar diberikan imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit seperti campak, rubella, difteri, tetanus.

Pemkab Sigi bersama Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kesehatan telah melakukan sosialisasi sekolah sehat melalui program BIAS yang berlangsung di SDN 1 Binangga, Kecamatan Marawola.

Siswa dan siswi di wilayah itu diberikan sosialisasi mengenai manfaat imunisasi dan praktik kesehatan yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemkab Sigi, kata Bupati Mohamad Irwan, mendukung program BIAS dan terus berupaya mengoptimalkan implementasi dan jangkauan program tersebut di masyarakat.

Ia mengatakan bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan dua aspek yang sangat penting dalam pembangunan manusia yang berdaya saing di masa mendatang.

Dalam mewujudkan upaya tersebut, kata dia, kolaborasi dan sinergi menjadi kata kunci utama.

"Melalui kolaborasi diharapkan semua siswa-siswi dari tingkat SD, SMP, sampai dengan SMA mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya imunisasi, pola makan sehat, kebersihan diri, serta olahraga secara teratur," ujarnya.

"Selain itu, selama kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin oleh tenaga medis. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa para siswa memiliki kondisi fisik yang prima dan siap belajar dengan optimal," katanya.

Ia menambahkan program BIAS untuk sekolah sehat merupakan satu investasi pada generasi muda. Ia berharap agar semua pihak dapat bersinergi dalam menjaga kualitas pendidikan dan meningkatkan derajat kesehatan anak-anak di Kabupaten Sigi.