Sigi raih penghargaan atas keberhasilan keluar dari ketertinggalan

id Pemkab Sigi,Sigi daerah tertinggal,Penghargaan keluar dari ketertinggalan,Tetinggal,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Daerah ter

Sigi raih penghargaan atas keberhasilan keluar dari ketertinggalan

Bupati Sigi Mohamad Irwan menerima penghargaan Pemerintah Pusat yang diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin terkait keberhasil keluar dari status ketertinggalan, pada acara rapat koordinasi nasional afirmasi percepatan pembangunan daerah tertinggal, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/10/2023) (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat atas keberhasilan mengeluarkan Kabupaten Sigi keluar dari status daerah tertinggal.

"Penghargaan ini menjadi satu upaya bersama dan penambah semangat, motivasi dan inovasi untuk terus menyelenggarakan pembangunan yang lebih baik, untuk Sigi yang lebih baik di masa mendatang," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Palu, Selasa.

Penghargaan dari Pemerintah Pusat diserahkan lansung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Bupati Sigi Mohamad Irwan, dalam acara rapat koordinasi nasional afirmasi percepatan pembangunan daerah tertinggal, berlangsung di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa.

Bupati Sigi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mendukung program percepatan pembangunan daerah Kabupaten Sigi, sehingga daerah ini dapat keluar dari status daerah tertinggal.

"Sinergi yang baik ini diharapkan terus terjalin, untuk mengoptimalkan intervensi pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa, pembangunan desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat menjadi satu prioritas pembangunan daerah.

Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) Kemendes-PDTT bahwa Tahun 2022, Sulawesi Tengah memiliki 42 desa mandiri, 522 desa maju, 995 desa berkembang, 266 desa tertinggal dan 17 desa sangat tertinggal.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam arahannya meminta kepada kepala daerah di Sulteng yang masih memiliki daerah tertinggal, agar terus aktif mendukung kebijakan Pemerintah Pusat.

Wapres mengingatkan kepada kepala daerah mensinkronkan program kegiatan, dalam intervensi pembangunan daerah, yang diikutkan dengan kolaborasi lintas sektor.

"Saya mengapresiasi upaya serius pengentasan desa tertinggal di Provinsi Sulawesi Tengah, diharapkan keseriusan ini bisa diikuti oleh pemimpin daerah lain baik provinsi atau kabupaten lain yang masih memiliki daerah tertinggal," kata Wapres Ma'ruf Amin.
Foto bersama Bupati Sigi Mohamad Irwan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan pejabat Kemendes-PDTT pada acara rapat koordinasi nasional afirmasi percepatan pembangunan daerah tertinggal, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/10/2023) (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)