Korem 132/Tadulako siap membantu pemda menanggulangi bencana alam

id Korem 132/Tadulako,Pemerintah Kabupaten Morowali ,Bencana alam,Latihan posko

Korem 132/Tadulako siap membantu pemda menanggulangi bencana alam

Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto memaparkan Rencana Garis Besar (RGB) latihan posko I Kodim 1311/Morowali Kepada Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Lutfie Beta di Palu, Kamis (12/10/2023). (ANTARA/HO-Penrem 132/Tadulako)

Palu (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako, Sulawesi Tengah (Sulteng), menyatakan siap membantu Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Morowali dalam menanggulangi bencana alam di daerah itu sebagai salah satu wilayah yang diprediksi rawan terjadi bencana.
 
"Untuk membantu menanggulangi bencana, Korem 132/Tadulako bersama dengan Kodim melakukan latihan Posko I Kodim 1311/Morowali yang merupakan latihan taktis tanpa pasukan," kata Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto saat memaparkan  Rencana Garis Besar (RGB) latihan Posko I Kodim 1311/Morowali Kepada Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Lutfie Beta di Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan tujuan latihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan, menyiapkan, dan melaksanakan, serta mengendalikan, bantuan untuk membantu pemerintah daerah menanggulangi bencana alam.
 
Danrem mengemukakan alasan latihan tersebut diadakan karena secara geografis wilayah Indonesia, khususnya Kabupaten Morowali, merupakan daerah rawan bencana alam.
 
"Selain itu berdasarkan prediksi Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam beberapa bulan ke depan akan terjadi cuaca ekstrim dan curah hujan tinggi yang diprediksi akan menyebabkan banjir," kata dia.
 
Sementara itu Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Lutfie Beta meminta agar kegiatan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan menjadi bekal bagi perwira dalam menyelesaikan kegiatan latihan.
 
"Hal ini perlu untuk diingatkan dalam membuat setiap perencanaan yang berkaitan dengan staf-staf yang lain dan hal ini harus diaplikasikan dengan pelaksanaan tugas-tugas sehari-hari, bukan hanya pelaksanaan tugas latihan posko saja," katanya.
 
Dia berharap pelaksanaan latihan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dapat membantu pemerintah daerah maupun masyarakat dalam menanggulangi bencana alam.