Aksi pencurian besi rumah susun di Kota Palu

id Kota Palu,Rumah susun

Aksi pencurian besi rumah susun di Kota Palu

aksi pencurian besi yang dilakukan oleh sejumlah warga sekitar. Insiden ini telah menimbulkan kekhawatiran di antara warga mengenai keamanan di lingkungan tersebut. ANTARA/Ryan magang

Palu, Sulteng (ANTARA) - Ketegangan melanda rumah susun di Jalan Sungai Wera, Kota Palu, Sulawesi Tengah setelah terjadi aksi pencurian besi yang dilakukan oleh sejumlah warga sekitar. Insiden ini telah menimbulkan kekhawatiran di antara warga mengenai keamanan di lingkungan tersebut.

Salah seorang warga sekitar, Siti (40), mengungkapkan kekhawatirannya, "Kami sangat khawatir dengan kejadian ini, walau Rumah susun ini sudah lama terbengkalai, tetap saja aksi pencurian ini tidak bisa dibenarkan."ujarnya.

Siti mengungkapkan bahwa jika memang ingin mengambil besi yang berada di rumah susun seharusnya para warga meminta izin kepada pemilik bangunan tersebut.

“Kalo memang mau ambil seharusnya mereka meminta izin dan bertanya kepada pemilik bangunan tersebut, soalnya kalau langsung main “comot” itu namanya mencuri”. Ungkapnya.

Namun, tidak semua warga memiliki pandangan yang sama. Beberapa di antara mereka menyatakan bahwa aksi pencurian ini wajar saja karena rumah susun ini memang sudah tidak terpakai dan telah lama terlantar. "Ya menurut saya tidak apa-apa sih, soalnya ini (Rumah Susun) sudah tidak terpakai juga dan sudah mau hancur jadi daripada rugi mending diambil saja bisa jadi duit," ungkap Hendra (26), seorang warga lainnya.

Aksi pencurian besi tersebut terjadi ketika sekelompok warga melakukan pencabutan besi dari struktur bangunan rumah susun dengan tujuan yang belum jelas. Beberapa warga terlihat membawa peralatan untuk mencabut besi sementara yang lain terlihat sibuk memasukkan besi yang telah berhasil mereka cabut ke dalam karung.

Sementara itu, warga sekitar telah melapor kepada pihak berwenang agar situasi ini bisa ditindak lanjuti dan para pelaku bisa dipidana sesuai prosedur hukum yang berlaku.