Pemkab Bangkep-Primagama Zenius kerja sama tingkatkan mutu pendidikan

id pemkab bangkep,bupati bangkep,ihsan basir,primagama zenius,pendidikan bangkep

Pemkab Bangkep-Primagama Zenius kerja sama tingkatkan mutu pendidikan

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir foto bersama Direktur Kebijakan Publik Lembaga Pendidikan Primagama Zenius Jakarta Mohamad Nurreza Rachman sambil memperlihatkan naskah kerja sama yang ditandatangani dua pihak. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Bangkep, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep) bekerja sama dengan Primagama Zenius  untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu, dalam rangka menopang percepatan pembangunan daerah dari aspek pendidikan.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir mengatakan tantangan dalam dunia pendidikan sangat kompleks, salah satunya yaitu dibutuhkan penyesuaian penyelenggaraan pembelajaran dan pengajaran yang berbasis pada teknologi.

"Penyesuaian ini perlu dilakukan, karena teknologi menjadi satu kebutuhan dalam menopang kinerja dan pencapaian target pembangunan, termasuk dalam  hal membangun kualitas hidup manusia dari aspek pendidikan," ucap Ihsan Basir di Banggai Kepulauan, Rabu.

Ihsan Basir mengakui bahwa dirinya telah menandatangani kerja sama dengan Primagama Zenius Jakarta yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

"Kerja sama ini menjadi satu langkah signifikan dalam menjawab tantangan pendidikan di daerah kami. Dengan dukungan Zenius Primagama, kami berharap dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari sisi guru maupun siswa, guna mencapai hasil ANBK yang lebih baik dan mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar," ucapnya.

Kerja sama ini mencakup pemetaan progres kompetensi guru dan siswa SD-SMP di bidang literasi numerasi, peningkatan kompetensi guru dan siswa, serta percepatan implementasi kurikulum merdeka belajar.

Ia mengakui bahwa dalam waktu dekat mempersiapkan guru dan siswa menghadapi Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) tahun 2024. Untuk menghadapi hal itu, kata dia, Dinas Pendidikan berkolaborasi dengan Primagama Zenius akan melaksanakan kegiatan pemetaan kompetensi guru dan siswa SD dan SMP di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Di samping melaksanakan pemetaan kompetensi siswa dan guru di bawah naungan Pemkab Bangkep, Primagama Zenius dan Dinas Pendidikan juga meningkatkan kompetensi guru dan siswa melalui literasi numerasi.

"Literasi numerasi ini akan menjadi fokus utama, untuk memastikan bahwa pendidikan di Kabupaten Banggai Kepulauan mencapai standar yang terukur," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Kebijakan Publik Lembaga Pendidikan Primagama Zenius Jakarta Mohamad Nurreza Rachman, mengemukakan bahwa kerja sama itu menjadi satu peluang bagi Primagama Zenius untuk mengoptimalkan kontribusi dalam menopang pembangunan daerah di Banggai Kepulauan pada aspek pendidikan.

"Sebagai bagian dari perayaan hari guru nasional, kami dengan antusias menghadirkan solusi pendidikan holistik untuk mendukung visi Kabupaten Banggai Kepulauan. Peningkatan kompetensi guru dan siswa bukan hanya misi kami, tetapi juga bentuk kontribusi nyata dalam menciptakan dampak positif yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan," sebutnya.