UIN Datokarama kembangkan kemampuan emosional-spiritual dan sosial mahasiswa

id expo uin datokarama,profesor lukman s thahir,uin datokarama,pengembangan kompetensi mahasiswa,uin palu

UIN Datokarama kembangkan kemampuan emosional-spiritual dan sosial mahasiswa

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir menyampaikan arahan pada malam expo UIN Datokarama, Sabtu (2/12). (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bertekad mengembangkan kemampuan emosional, spiritual dan sosial mahasiswa dalam penyelenggaraan akademik di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Ini akan kami kembangkan yang lebih menekankan pada aspek tersebut," kata Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir di hadapan ribuan mahasiswa pada malam kegiatan Expo UIN Datokarama di Kota Palu, Sabtu.

Rektor mengapresiasi mahasiswa yang mampu menggelar expo dengan meriah, yang menghadirkan ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta melibatkan multi pihak untuk kesuksesan kegiatan tersebut.

Kepada mahasiswa, ia mengatakan bahwa berdasarkan riset bahwa kecerdasan emosional dan spiritual 85 persen mampu mengantarkan seseorang meraih kesuksesan. Kecerdasan ini menopang kecerdasan intelektual dan keterampilan yang dimiliki ole seseorang.

Oleh karena itu, kata dia, penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan akademik, harus diarahkan pada pengembangan emosional dan spiritual serta sosial.

Kepada mahasiswa, ia mengaku tidak bangga dengan mahasiswa yang mampu meraih cumlude, namun tidak memiliki kecerdasan emosional, spiritual dan sosial.

"Yang saya bangga adalah mahasiswa cumlude dan perilaku serta perkataannya menyejukkan hati dan perasaan orang lain," sebutnya.

Rektor mengatakan bahwa pengembangan kecerdasan tersebut, akan dibarengi dengan penguatan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa di tingkat unit kegiatan mahasiswa (UKM) senat mahasiswa (Sema) dan dewan mahasiswa (Dema) di tingkat fakultas maupun universitas.

Kegiatan mahasiswa melalui organisasi, menjadi satu daya dukung dalam pengembangan kompetensi diri mahasiswa baik secara intelektual dan keterampilan, maupun emosional, spiritual dan sosial.

"Oleh karena itu mahasiswa jangan hanya membaca buku, tetapi anda harus berorganisasi, berinteraksi, bersosialisasi dengan mahasiswa dan organisasi yang lain, maka anda akan terlihat berbeda dengan mahasiswa lainnya, dan bagaimana anda menyikapi perbedaan itu," ungkapnya.

Selain menyampaikan sambutan, Rektor juga tampil memainkan gitar akustik dan menyanyikan beberapa lagu. Penampilan rektor disambut meriah oleh seluruh komponen dan elemen yang hadir pada expo tersebut.
Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir memainkan gitar acoustik dan menyanyikan beberapa lagu pada malam expo UIN Datokarama. (ANTARA/HO-Kiswanto)