Bupati Morut paparkan berbagai macam program kesejahteraan bagi para Rohaniawan saat hadiri safari Natal di Bungku Utara

id Morut

Bupati Morut paparkan berbagai macam program kesejahteraan bagi para Rohaniawan saat hadiri safari Natal di Bungku Utara

Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, MARS saat menghadiri Kegiatan Safari Natal yang dilaksanakan di Gereja GPdI El Shaddai Desa Uemasi Kecamatan Bungku Utara pada Minggu (10/12/2023). ANTARA/HO-MCDD

Bungku, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morut paparkan berbagai macam program kesejahteraan bagi para Rohaniawan saat hadiri safari Natal di kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi sulawesi Tengah. Peran sentral para Rohaniawan dalam pembinaan spiritual umat beragama di Kabupaten Morowali Utara sangat diapresiasi oleh Pemerintah Daerah. 

Atas kontribusi besar tersebut, Pemerintah Daerah mencanangkan berbagai Program untuk meningkatkan kesejahteraan para Rohaniawan. 

Berbagai macam Program Peningkatan Kesejahteraan para Rohaniawan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, MARS saat menghadiri Kegiatan Safari Natal yang dilaksanakan di Gereja GPdI El Shaddai Desa Uemasi Kecamatan Bungku Utara pada Minggu (10/12/2023).

Berbagai Program yang telah dicanangkan oleh Pemda Morut tersebut antara lain Program Jaminan Ketenagakerjaan bagi Rohaniawan atau yang disingkat Pajero. 

Program yang telah berjalan beberapa waktu lalu ini dapat memberikan keuntungan terhadap penjaminan profesi para Rohaniawan yang rentan terhadap kecelakaan kerja terutama saat memberikan pelayanan kepada Umat. 

"Program Pajero sangat bermanfaat bagi para Rohaniawan yang apabila saat bertugas mendapatkan kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dijamin oleh pihak BPJS, bahkan jika Rohaniawan meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar 42 Juta Rupiah", jelasnya. 

Selanjutnya program pemberian insentif bagi para Rohaniawan yang telah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu. Terbaru, Bupati akan memberikan insentif kepada para Kostor atau penjaga gereja.

"Kami minta kepada para Pendeta yang ada agar segera memasukkan nama Kostornya, satu Gereja hanya untuk satu Kostor saja", ujarnya. 

Terakhir, Pemda Morut juga memberikan Program Wisata Religi kepada para Rohaniawan Islam dengan memberangkatkan para Imam untuk Umroh, sedangkan untuk Rohaniawan Kristen, Pemda telah memberangkatkan para Pendeta ke Holy Land, dan untuk Rohaniawan Hindu, Pemda telah memberangkatkan para Juru Mangku ke Bali.

Seluruh Program ini telah dianggarkan secara adil dan merata bagi masing-masing Rohaniawan baik yang berasal dari agama Islam, Kristen maupun Hindu, sehingga seluruhnya dapat terukur secara baik bagi masing-masing agama. 

"Terakhir, kami senantiasa memohon Doa dari para orang tua dan para Rohaniawan yang hadir agar kami selalu diberikan kekuatan dan kemampuan dalam memimpin Kabupaten Morowali Utara yang kita cintai ini", pungkasnya

Kegiatan Safari Natal ditutup dengan pemberian Bingkisan Natal kepada para Pendeta yang hadir dan diakhiri dengan foto bersama. 

Nampak hadir mendampingi Bupati yakni Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K, Ketua TP-PKK Morut Ny. Febriyanthi H.D.J Hehi, Asisten I Krispen H. Masu,  Asisten Ridwan Nonci, Kapolsek Bungku Utara Ipda Mas'ud Amara, serta Danramil 1311-06 Kapten Infantri Joni Mangalik.

Hadir pula sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut, Kabag Kesra Bahardin Sakaria 
Camat Bungku Utara Rijal Thaib Sehe, Kades Uemasi Agustinus Tabanci beserta para perangkat Desa, sejumlah Kades, para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Bungku Utara.