Belgia, Komisi UE serukan aksi darurat atas situasi anak-anak Gaza

id Belgia, Komisi UE, Anak-anak, Gaza

Belgia, Komisi UE serukan aksi darurat atas situasi anak-anak Gaza

Arsip foto - Anak-anak duduk di belakang truk saat warga Palestina berangkat dari bagian utara Gaza untuk meninggalkan Jalur Gaza bagian tengah dan selatan pada 10 November 2023. ANTARA/Anadolu/pri. (ANTARA/Anadolu)

London (ANTARA) - Kepresidenan Belgia di Uni Eropa dan Komisi Eropa pada Rabu (20/3) menyerukan aksi atas "situasi kemanusiaan yang memburuk" dan terus berlanjut yang dialami anak-anak di Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan gabungan, presidensi Belgia dan Komisi Uni Eropa mengatakan bahwa sampai 70 persen warga Palestina yang tewas adalah perempuan dan anak-anak, dengan lebih dari 11.682 anak-anak dilaporkan luka-luka, dan ribuan lainnya hilang.

"Situasi ini menyebabkan banyak anak menderita trauma psikologis. UNICEF memperkirakan lebih dari 1 juta anak-anak membutuhkan dukungan psikologis," kata pernyataan itu.


Menekankan bahwa anak-anak adalah pihak yang paling menderita di semua perang, tetapi hukum internasional harus dihormati, mereka mengatakan harus ada "pembebasan tanpa syarat bagi semua anak-anak yang ditahan oleh Hamas."

"Kami menyerukan jeda kemanusiaan segera dan jangka panjang yang akan mengarah pada gencatan senjata berkelanjutan dan pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas, khususnya anak-anak, dan penyediaan bantuan kemanusiaan," tambah mereka.


Sumber: Anadolu