Polda Sulteng cek sejumlah SPBU cegah praktik kecurangan pengisian BBM

id Polda Sulteng ,Pengecekan SPBU ,Cegah praktik kecurangan ,Sulawesi Tengah ,BBM

Polda Sulteng cek sejumlah SPBU cegah praktik kecurangan pengisian BBM

Personel Polda Sulteng melakukan pengecekan di SPBU untuk memastikan ketersediaan BBM dan mencegah praktik kecurangan pengisian BBM di Palu, Sulteng, Sabtu (30/3/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng.

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan pengecekan ke seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah hukum kerjanya untuk mencegah praktik kecurangan dalam pengisian bahan bakar minyak (BBM).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono di Palu, Sabtu mengatakan pengecekan ini dilakukan dalam rangka patroli cipta kondisi (cipkon) yang digelar selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Tim patroli dari Polda Sulteng dan Polres jajaran akan menyambangi SPBU untuk memastikan stok dan harga BBM sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET)," kata Djoko.

Ia mengatakan patroli ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya praktik kecurangan, seperti pengurangan takaran dan BBM dicampur dengan air.

Menurut dia, pihaknya melakukan pemantauan dan mengecek secara langsung kecocokan harga yang tertera pada mesin SPBU dengan jumlah BBM dalam pembelian setiap liter serta memastikan kondisi BBM yang dijual kepada masyarakat.

Tim patroli, kata Djoko, juga akan memberikan imbauan kepada para pengelola SPBU untuk selalu menjaga ketersediaan BBM dan melayani masyarakat dengan baik.

"Masyarakat diharapkan untuk tidak ragu melaporkan kepada aparat kepolisian jika menemukan praktik kecurangan di SPBU," ujarnya lagi.

Selain melakukan pengecekan ke SPBU, pihaknya kepolisian juga melaksanakan patroli ke tempat-tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian.

Menurut dia, upaya ini merupakan salah satu langkah untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama Ramadhan menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Upaya ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta menjaga ketersediaan BBM bersubsidi yang memang diperlukan oleh masyarakat yang membutuhkan," katanya.